Polisi Amankan Joki Tes CPNS Asal Jakarta

Makassar, PANRITA.News – Seorang joki pada pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada instansi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ditangkap Jajaran Polda Sulawesi Selatan di Makassar, Minggu (28/10/2018) siang.

Joki tersebut diduga membantu peserta CPNS asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan atas nama Musriadi pada saat seleksi computer assisted tes (CAT).

“Telah diamankan seorang joki untuk tes CPNS pada penerimaan CPNS Kemenkumham Sulsel,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani dalam laman ANTARASulsel, Ahad (28/10/2018).

Ia mengatakan joki yang diamankan di Mapolda Sulsel yakni Martinus asal Jakarta yang membantu peserta CPNS asal Kabupaten Bone Musriadi.

Peserta tes yang digantikan oleh pelaku ini mengikuti tes untuk formasi jabatan penjaga tahanan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan.

“Sekarang jokinya sudah diamankan oleh anggota Ditreskrimsus Polda Sulsel dan sedang dikembangkan penyelidikannya,” katanya.

Dicky menjelaskan pelaku Martinus diamankan oleh petugas penerimaan dan verifikasi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu ujian.

Petugas penerimaan CPNS ini, kata Dicky, menemukan adanya perbedaan pada foto dalam lembaran kartu tesnya sehingga diamankan dan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

“Petugas penerimaan CPNS yang memang memverifikasi KTP dan kartu ujian itu menemukan adanya perbedaan foto sehingga langsung diamankan,” ungkapnya.

Dicky juga memastikan bahwa polisi akan melakukan penyelidikan guna mengembangkan penangkapan Martinus. Saat ini, polisi masih memeriksa Martinus guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Kita belum tahu, apakah joki Martinus berjaringan atau cuma sendiri. Tapi kita telusuri terus Martinus, apakah dia datang dari Jakarta sendirian ke Makassar atau ada beberapa joki lainnya. Kita masih periksa Martinus dan kita kembangkan kasus ini,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar