Jangan Lewatkan Waktu Sarapan Terbaik untuk Kesehatan

PANRITA.News – Apa itu sarapan sehat?  Pagi hari adalah waktu yang penting untuk memulai aktivitas harian Anda. Namun, apakah Anda sadar bahwa seringkali Anda melewatkan kegiatan yang satu ini, Sarapan.

Sebagian orang memang beranggapan bahwa tidak sarapan adalah hal yang wajar karena berbagai alasan, seperti sibuk, tidak sempat, malas, tidak biasa sarapan, dan makanan yang itu-itu saja untuk disantap. Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa sarapan merupakan salah satu waktu makan terpenting untuk memulai aktivitas harian Anda?.

Sarapan memberikan energi sebelum beraktivitas, mencegah anak dari risiko obesitas, hingga terbukti meningkatkan prestasi akademik anak di sekolah.

Salah satu Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Hardinsyah mengatakan bahwa masyarakat Indonesia masih belum begitu paham soal pentingnya gizi sarapan.

Menurut Hardinsyah, sarapan sehat merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi anak-anak.

Pasalnya, ketika bangun pagi, gula darah mengalami penurunan dan membuat anak menjadi lemas serta tidak bersemangat melakukan aktivitas.

Sayangnya, kebiasaan sarapan sehat ini belum menjadi perhatian utama bagi orangtua, dikarenakan keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan mengenai kriteria sarapan sehat yang ideal.

“Pentingnya sarapan sehat terutama di usia dini akan membentuk generasi yang sehat dan cerdas,” ucap Hardinsyah, dalam laman Tribunstyle.com (14/11/2016).

Ia menambahkan, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam unsur sarapan sehat, yaitu waktu dan komposisi yang tepat.

Kata Hardinsyah, waktu sarapan yang tepat adalah sebelum jam 9 pagi dan komposisi sarapan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang bisa memenuhi gizi harian.

“Format susu sereal juga dapat menjadi alternatif pilihan, karena mememenuhi semua syarat komposisi sehat dari sebuah sarapan yang sehat,” katanya.

Tinggalkan Komentar