Tempe Ternyata Sangat Baik untuk MPASI Bayi, Ini 5 Manfaatnya

Tempe

Tempe

Makassar, PANRITA.News – Pernahkah Anda terpikir untuk mengolah tempe untuk dijadikan MPASI bayi, Moms? Kalau belum, maka Anda patut mencobanya!

Tempe mudah ditemui, harganya murah, mudah diolah, kaya nutrisi dan punya banyak sekali manfaat  untuk bayi Anda.

Agar Anda tidak ragu lagi, simak manfaat tempe bagi bayi berikut ini seperti dilansir Kumparan:

1. Antibakteri

Tempe mengandung senyawa antibakteri yang ampuh melawan bakteri jahat di dalam tubuh bayi. Di antaranya bakteri yang bisa menyebabkan diare yang disebabkan oleh infeksi, seperti bakteri E. Coli dan Salmonella.

2. Mudah dicerna

Alasan kenapa tempe layak dimasukan dalam daftar menu MPASI bayi, karena tempe mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih berkembang, Moms. Proses pembuatannya lewat fermentasi membuat tempe mengandung probiotik, yang baik bagi saluran pencernaan.

3. Sumber protein

Tempe menjadi salah satu sumber protein nabati, yang cocok untuk asupan protein bagi bayi. Adapun protein pada tempe dapat meyehatkan jantung, mempertahankan jaringan otot serta membuat enzim untuk kebutuhan sel-sel.

4. Kaya kalsium

Bukan hanya pada susu dan keju, tempe juga dapat memenuhi asupan kalsium anak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kalsium pada 4 buah tempe setara dengnan segelas susu sapi.

5. Mencegah stunting

Bukan hanya protein dan kalsium, tempe disebut-sebut adalah makanan paling murah yang mengandung aneka gizi baik lainnya, seperti vitamin B12, yang bisa mencegah bayi terkena stunting yaitu gagal tumbuh atau perawakan pendek akibat kekurangan asupan nutrisi yang bisa berdampak pada penurunan kognitif.

Tinggalkan Komentar