Israel Tutup Akses ke Gaza

Israel tutup akses ke gaza

Gaza, PANRITA.News – Pemerintah Israel kembali menutup akses keluar dan masuk ke Jalur Gaza melalui perbatasan Erez. Penutupan dilakukan menyusul meningkatnya protes yang dilakukan warga Palestina di sepanjang perbatasan utara Gaza dengan Israel untuk penutupan terminal.

“Otoritas Israel memberikan kami informasi tentang penutupan dadakan ini untuk angkutan penumpang kecuali jika ada kasus kemanusiaan,” kata pejabat media otoritas Palestina Mohammed al-Maqadma seperti diwartakan Anadolu Agency, Ahad (19/8).

Puluhan kapal berlayar dari Jalur Gaza sejak Sabtu (18/8) kemarin. Mereka bertolak menuju perbatasan utara dengan Israel sebagai bagian dari upaya untuk menumpukkan tekanan pada

Israel untuk mematahkan blokade 11 tahun Israel di daerah pantai.
Seperti diketahui, pemerintah Israel telah memblokade akses darat, laut dan udara menuju Gaza sejak 2007 lalu. Penutupan jalur keluar-masuk itu sedikit banyak mengisolasi warga Palestina dari dunia luar.

Jalur Gaza memiliki tujuh pintu perbatasan dimana enam dari jumlah tersebut dikendalikan oleh pemerintah Israel termasuk Erez. Sedangkan satu sisanya dikontrol oleh pemerintah Mesir melalui Raffah.

Namun, akses perbatasan melalui Raffah lebih banyak ditutup sejak lengsernya mantan presiden Mohamed Morsi dalam kudeta militer pada 2013 lalu. Israel menyegel empat dari penyeberangan komersialnya dengan Gaza pada Juni 2007 setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas merebut kendali atas kawasan tersebut dari Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah.

Leave a Reply