Breaking News: Jokowi Pilih Ma’ruf Amin Jadi Cawapres

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo akhirnya menunjuk ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin untuk menjadi wakil presiden dalam pilpres 2019.

Dalam pengumuman di Jakarta, Kamis (9/8) Jokowi mengatakan:

“Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin.”

Sinyal Ma’ruf Amin menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8). Jokowi dan Ma’ruf Amin juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Mengejutkan
Batalnya Mahfud MD jadi cawapres pendamping Jokowi ini terbilang dramatis. Mengingat awalnya cawapres Jokowi menguat kepada Mahfud. Namun Mahfud tiba-tiba menghilang dari pertemuan Jokowi dengan ketua umum partai koalisi.

Hanya beberapa saat sebelumnya, Mahfud mengaku telah diminta secara resmi jadi cawapres Jokowi. Ia juga menyatakan alasan kesediaannya dalam mendampingi Jokowi.

“Pertama tentu panggilan sejarah ya, saya kan aktivis juga, pengin juga ada di medan perjuangan. Kedua tentu kepercayaan Pak Jokowi kepada saya, kalau memilih saya tentu kan percaya kepada saya. Ketiga elektabilitas Pak Jokowi untuk menang itu sangat bisa,” kata Mahfud.

Diketahui, nama Mahmud bukan hanya kali ini menguat sebagai cawapres Jokowi. Pada Pilpres 2014, nama Mahfud juga disebut akan dipilih Jokowi kala itu. Namanya sempat diusung PKB, tapi dukungan itu kemudian kandas.

Pasalnya, PKB tak jadi memberikan tiket kepada Mahfud di Pilpres 2014. PKB mendukung duet Jokowi-Jusuf Kalla, padahal saat itu PKB sendiri yang mengajukan nama Mahfud.