Gagal SNMPTN? Ini Trik Agar Lolos SBMPTN 2018

SBMPTN

Makassar, PANRITA.News – Gagal SNMPTN bukanlah akhir segalanya. Kini, terbuka peluang untuk mencoba peluang masuk ke PTN yang diidamkan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

SBMPTN adalah ujian yang diadakan bagi para siswa yang telah melalui masa SMA dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, yang dilakukan bersama di bawah koordinasi panitia pusat. Untuk tahun 2018, pendaftaran SBMPTN2018 telah dibuka sejak 5 April lalu sampai dengan 27 April.

Berbagai persiapan untuk mengikuti ujian mungkin sudah dipersiapkan dan dilaksanakan para peserta. Berikut ini beberapa tips yang berhasil dirangkum TEMPO.CO dari berbagai sumber.

  1. Atur waktu belajar. Ketahui dengan pasti kapan tanggal ujian akan dilaksanakan. Buatlah jadwal sehingga Anda dapat membagi waktu yang cukup untuk belajar dan juga istirahat. Pembagian waktu sangat penting disini, karena dengan begitu Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi ujian.
  2. Rutin belajar sebelum ujian. Salah satu cara terbaik untuk menghadapi ujian dengan lancar adalah mempelajari informasi setiap hari. Mengejar seluruh materi ujian di hari-hari terakhir menjelang ujian bukanlah cara yang baik. Anda bisa mencoba untuk rutin habiskan 30-60 menit setiap hari untuk mempelajari materi yang akan diujikan.
  3. Analisis ujian sebelumnya. Ujian SMBPTN dan sejenisnya umumnya mengujikan beberapa soal yang sudah pernah Anda kerjakan. Maka, Anda bisa menganalisis hasil ujian sebelumnya untuk mengetahui dimana kelemahan dan kelebihan Anda dalam mengerjakan ujain tersebut. Anda juga dapat menganalisis jenis-jenis pertanyaan yang muncul pada ujian sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda belajar dengan lebih efektif.
  4. Kombinasikan teknik belajar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebosanan Anda dalam proses belajar. Misalkan, tentukan malam ini Anda akan belajar dengan membaca buku teks atau referensi lain. Malam berikutnya Anda bisa belajar pada soal-soal perhitungan atau bahasa asing. Dan Anda juga bisa selingi dengan istirahat untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik.
  5. Buat lembar ulasan. Meskipun Anda memiliki beberapa catatan dari seluruh materi yang akan diujikan, ada baiknya Anda tetap membuat sebuah ulasan dalam satu lembar kertas. Hal ini mencakup seluruh istilah utama, konsep dan juga gagasan dari materi ujian Anda. Anggap seperti sedang membuat kilasan materi. Tindakan ini diharapkan dapat membantu Anda mengingat materi ujian lebih baik.
  6. Bentuk kelompok belajar. Jika perlu, kumpulkan beberapa teman seperjuangan untuk mengadakan belajar bersama. Anda bisa melakukan kuis satu sama lain, melakukan sesi tanya jawab materi yang sulit atau juga saling membantu dengan diskusi catatan-catatan yang dimiliki. Suasana belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan Anda mungkin akan lebih semangat mengetahui ada teman seperjuangan yang juga merasakan hal yang sama.
  7. Atur pola gaya hidup. Dibalik seluruh usaha Anda dalam mempersiapkan diri untuk ujian, satu hal penting yang tidak bisa diabaikan juga adalah pola gaya hidup Anda. Jangan lupa untuk makan secara teratur, banyak minum air putih juga istirahat yang cukup. Jangan sampai Anda menghabiskan seluruh waktu dan fokus untuk belajar sampai lupa istirahat, sehingga Anda sakit saat ujian ataupun meningkatkan stres sebelum ujian. Justru, dengan menjaga pola gaya hidup Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Leave a Reply