88 Persen Masyarakat Puas Kinerja DIA

Makassar, PANRITA.News – Lembaga Survey Celebes Research Center (CRC) merilis penilaian kinerja Pasangan DIA, di Refleksi Akhir Tahun 2017 Pemerintah Kota Makassar di Celebes Convention Centre (CCC), Jl Metro Tanjung Bunga, Selasa (19/12) kemarin.

Hasilnya, masyarakat Kota Makassar mengapresiasi kinerja pemerintahan Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal.

Kegiatan ini dihadiri seluruh element Forkompimda Kota Makassar, Satuan Kerja Perangkat Kerja Daerah (SKPD), camat, lurah, hingga Ketua RT/RW.

Direktur CRC, Herman Haizer mengatakan bahwa refleksi akhir tahun ini diselenggaran untuk menilai kinerja Pemkot Makassar sepanjang tahun 2017, hasilnya masyarakat apresiasi kinerja dari pasangan DIA tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat melihat ada trend positif dari berbagai aspek yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Makassar, terutama aspek pelayanan publik diantaranya pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penyajian kinerja SKPD yang lain,” ujar Herman Haizer.

Selain menilai pelayanan publik, Lanjut Herman, pihak Pemkot memberikan amanah untuk mengevaluasi dari tiap SKPD yang menjalankan visi dan misi dari Pasangan DIA saat awal menjabat.

“Pertama terkait rekonstruksi nasib rakyat menuju masyarakat sejahtera, kedua tata kelola ruang menuju kota sedunia, ketiga terkait tata kelola pemerintah, secara umum masih ada jarak namun dibandingkan tahun ke tahun, jarak itu semakin menipis yang berarti semakin baik dan progresif,” ujar Herman.

Diantara misi dan visi pasangan DIA, Herman Haizer mengatakan bahwa misi ketiga yaitu tata kelola pemerintahan sangat mendekati kata sempurna dan itu menjadikan harapan masyarakat selaras tata kelola Pemkot Makassar.

“Dari semuanya itu, 88 persen masyarakat puas atas kinerja Pak Danny dan Daeng Ical,” lanjutnya.
Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, refleksi akhir tahun ini bertujuan mengevaluasi pencapaian program, sekaligus bentuk pertanggungjawaban Pemkot Makassar kepada masyarakat.

“Ini merupakan kegiatan sebagai cerminan diri bagaimana kita melihat diri, kita bisa lihat kesimpulannya semua sisi sudah maju, dan masyarakat sudah puas walaupun masih ada hal yang belum sempurna,” kata Danny Pomanto.

Ia mengatakan bahwa pemerintah kota Makassar kerap kali mendapat penghargaan di tingkat nasional bahkan menjadi juara 1 se Indonesia.

“Maka ini menjadi langkah awal untuk menghadapi tahun 2018, dimana harus menjadi dua kali tambah baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan bahwa hal yang paling penting dalam refleksi akhir tahun adalah merefresh dan menjadi bahan evaluasi program apa yang belum dan telah dilaksanakan.

Salah satunya terkait kesenjangan yang masih tinggi dan rasio pendapatan yang belum merata dan pemberdayaan masyarakat dalam hal wirausaha belum berjalan dengan baik.

“1.700 UKM Pemkot Makassar yang belum mampu diberikan label dan kebebasan pemasaran, termasuk tingkat partisipai yang masih dalam orang-orang tertentu dan belum menyebar,” ujar Daeng Ical. (*)

Leave a Reply