Jusuf Kalla Ingatkan Pentingnya Pemerintahan yang Terbuka

jusuf kalla

jusuf kalla

Jakarta, PANRITA.News – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pentingnya keterbukaan pemerintah dan transparan di era sekarang. Pasalnya, hal inilah yang membuat masyarakat menjadi percaya.

Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Asia Pacific Leaders Forum 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis 14 Desember 2017. Dia ditemani oleh Wakil Presiden ll Republik lslam Afghanistan, Muhammad Sarwar Danish, dan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam acara itu.

“Kenapa dibutuhkan open government?┬áPertama, pemerintah di dunia membutuhkan tantangan-tantangan, membutuhkan kepercayaan masyarakat kepada negaranya, dengan cara buka pemerintahan yang lebih efektif,” kata Jusuf Kalla.

Indonesia pun kini telah mengaplikasikan hal tersebut. Salah satunya melalui Undang-Undang Keterbukaan Informasi.

“Indonesia punya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, di mana pemerintah diwajibkan membuka informasinya kepada publik, dan itu juga tentu mempunyai konsekuensi pemerintah harus teratur dan punya rencana baik,” jelas pria yang akrab disapa JK tersebut.

Selain itu, lanjut JK, pemerintah menerima saran dari publik agar semakin bisa memperbaiki layanannya.

“Yang kita harapkan dari keterbukaan itu ialah saran dari publik sendiri sehingga kita dapat memperbaiki layanan pemerintah kepada masyarakat, dan juga bagaimana mencapai program kebersamaan seperti mengurangi kemiskinan, meningkatan pendidikan, kesehatan, dan hal-hal lain yang penting, yang kita sepakati bersama,” pungkas Jusuf Kalla.

Leave a Reply