TP PKK Sulsel Puji Program Kerja PKK Makassar: Kerap Jadi Pionir Program PKK Sulsel

Makassar, PANRITA.News – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kunjungan ke kantor TP PKK Kota Makassar. Kunjungan ini dalam rangka Supervisi, Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan (SMEP) terhadap kinerja PKK di tingkat kabupaten/kota.

Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris PKK Provinsi Sulsel, Zulfitriani Dwiyanti Mustaka, diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail didampingi jajaran pengurus di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Kamis (6/7/2023).

Tujuan kunjungan ini adalah untuk memastikan kualitas dan efektivitas program-program PKK. Di samping itu, juga berdiskusi tentang program yang sedang berjalan serta kendala yang dihadapi para kader dalam implementasi program.

Indira menyampaikan, supervisi atau penilaian yang dilakukan ini cukup penting dalam upaya terus memperbaiki dan mengoptimalkan program-program PKK di Kota Makassar.
Dia juga menyatakan komitmen PKK Kota Makassar untuk melaksanakan rekomendasi yang dihasilkan dari evaluasi ini guna mendorong kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

“Tentu kami selalu total dalam menjalankan tugas dan program PKK. Dengan adanya, maka apa yang telah dilakukan dievaluasi juga agar ke depan lebih baik. Kalau tidak dinilai tidak ada gunanya,” ungkap Indira.

Pada kesempatan tersebut, juga dipaparkan berbagai kegiatan dan program yang telah dilakukan oleh TP PKK Makassar tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

Termasuk upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program-program PKK, yang hasilnya sudah terlihat baru-baru ini, Kota Makassar meraih juara pertama dalam lomba kelurahan terpadu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dalam lomba kelurahan terpadu itu Makassar jadi salah satu yang terbaik. Tapi saya senantiasa sampaikan untuk tidak GR (gede rasa). Kalau masuk tingkat nasional, akan banyak yang jauh lebih bagus,” sebutnya.

“Oleh karena itu saya tekankan bahwa kita harus terus belajar, kita laksanakan dengan bahagia sehingga hasilnya juga membahagiakan. Mudah-mudahan ini lucky untuk PKK Makassar sekali lagi,” tambah Indira.

Di tempat yang sama, Sekretaris PKK Provinsi Sulsel, Zulfitriani Dwiyanti Mustaka yang mewakili Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina mengungkapkan bahwa kegiatan SMEP merupakan evaluasi sekaligus pembinaan pada 10 program pokok PKK dengan meilhat implementasi Pokja (kelompok kerja).

Melalui SMEP ini, Pemprov Sulsel membawa tiga tujuan, yaitu memberikan informasi 10 program PKK Provinsi dan membina pelaksanaan program tersebut. Kemudian menggali informasi pelaksanaan program pokok di tingkat kabupaten/kota, serta mendokumentasikan program unggulan sesuai kebutuhan masyarakat untuk jadi bahan laporan kami ke pusat.

“Kami selalu melihat apa yang dilakukan kabupaten/kota yang menjadi unggulan untuk Sulsel, Alhamdulillah Kota Makassar selalu jadi pionir untuk program PKK Sulsel. Banyak kegiatan di Makassar yang ditinjau pusat,” ujar Zulfitriani.

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa ada 4 program prioritas PKK yang telah tertuang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021-2024. Yakni, revolusi mental, ketahanan ekonomi, lingkungan hidup, dan peningkatan layanan dasar.

“Kami rasa Makassar akan menuntaskan ini semua hingga 2024,” pungkas Zulfitriani.

Tinggalkan Komentar