Kepala BPBD Zainuddin Lantik 57 Relawan Satgas Banjir Kelurahan Api-Api

Wakili Wali Kota Basri Rase, Kepala BPBD Bontang Zainuddin lantik 57 relawan Satgas Banjir Kelurahan Api-Api.

Bontang, PANRITA.News – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang Zainuddin mewakili Wali Kota Bontang Basri Rase, melantik 57 relawan Satgas Banjir Kelurahan Api-Api, Senin (20/6/2022) di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

Zainuddin dalam sambutannya mengatakan Kelurahan Api-Api menjadi salah satu wilayah dengan jumlah warga terdampak tertinggi ketika banjir melanda Bontang. Dari total 42 RT, 36 di antaranya menjadi langganan banjir.

“Satgas Banjir diharapkan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dengan kerja sama dan komunikasi, saling sinergi, itu yang penting karena hampir 98 persen di Kelurahan Api-Api ini selalu menjadi langganan banjir,” ujarnya.

Ia menjelaskan satgas Banjir ini terdiri dari 57 orang, yang dibagi dalam 4 bidang, yakni kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini, pengamanan penyelamatan dan evaluasi, logistik dan sosial, serta dapur umum.

“Masa bakti satgas ini hingga 3 tahun ke depan. Jadi penanganan dini untuk meminimalisir banjir semoga bisa dilakukan dan merespons cepat penanganan kepada masyarakat terdampak,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Api-Api Hadha Sulistiyono menyebut, Satgas Banjir ini sudah selayaknya dibentuk. Mengingat selama ini, warga saling bantu ketika musibah banjir melanda.

Namun setiap gerakan yang dilakukan berdasarkan inisiatif saja, tak terstruktur. Dengan dibentuknya Satgas, selain memudahkan koordinasi, juga lebih tahu tindakan apa yang mesti diambil.

“Kami melibatkan seluruh stakeholder, karena tanpa sinergi dengan perusahaan dan masyarakat, peran pemerintah dalam menangani persoalan banjir,” terangnya.

Tinggalkan Komentar