Hujan Deras, 80 Rumah Terendam Banjir di Luwu

Hujan Deras, 80 Rumah Terendam Banjir di Luwu

Luwu, PANRITA.News – Sebanyak 80 rumah terendam banjir gegera hujan deras yang terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Satu rumah dilaporkan rusak berat terdampak longsor.

“Jumlah rumah terdampak sebanyak 1 rumah rumah rusak berat, (lalu) 80 (rumah) terendam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Alamsyah dalam keterangannya, Rabu (11/05/2022).

Banjir dan longsor di Luwu dilaporkan terjadi gegara hujan deras yang terjadi sejak Senin-Selasa, 9-10 Mei 2022. Adapun wilayah terdampak, yakni Desa Kadundung dan Desa Paragusi (Kecamatan Latimojong), Desa Bolong dan Desa Ilan Batu (Kecamatan Walenrang Barat), serta Desa Pompengan Tengah (Kecamatan Lamasi).

“Hujan yang deras yang berlangsung lama menyebabkan longsor dan banjir,” beber dia.

Dia merincikan, dari total 80 rumah terdampak, ada 30 rumah di antaranya yang terendam banjir di Kecamatan Latimojong. Sisanya di Kecamatan Latimojong.

“50 rumah terendam di Desa Pompengan di Kecamatan Lamasi Timur,” sebut Alamsyah.

Dia mengemukakan, kondisi genangan air di beberapa wilayah saat ini sudah mulai surut. Sejumlah kendaraan pun sudah bisa melintas.

“Akses jalan antar Desa Kadundung dan Desa Paragusi Kecamatan Latimojong sudah bisa dilalui,” ungkap dia.

Saat ini pihaknya masih melakukan asesmen di lokasi kejadian. Belum terdata berapa korban jiwa yang terdampak atas kejadian banjir dan longsor di Luwu.

“Taksiran kerugian masih dalam proses assesment,” tandas Alamsyah.

Dikonfirmasi terpisah, korban longsor di Desa Illan Batu, Asriani Sarifah mengaku mengamankan diri di rumah keluarganya. Pasalnya rumah yang ditempati bersama 2 orang anaknya kini rusak parah.

“Mau kemana lagi kami mengungsi selain ke rumah keluarga. Apalagi kondisi rumah rusak parah, kami berharap ada bantuan dari pemerintah,” ucap Asriani.

Tinggalkan Komentar