Presiden Jokowi dan Gubernur se-Indonesia Jalani Ritual Kendi di IKN Hari ini

Presiden Jokowi dan Gubernur Se Indonesia Jalani Ritual Kendi di IKN Hari ini

Kaltim, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani ritual adat bersama 34 gubernur di lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, hari ini, Senin (14/03/2022).

Ritual yang disebut Kendi Nusantara itu dilakukan dengan membawa tanah dan air dari seluruh provinsi. Tanah dan air itu nantinya dituangkan ke dalam sebuah wadah besar.

“Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing,” kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dalam keterangan persnya pada Jumat (11/3).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur ke IKN Nusantara melambangkan kesatuan dan keberagaman.

“Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman,” kata Mahfud dalam keterangan resminya, Minggu (13/3).

Mahfud menjelaskan dua kilogram tanah dan satu liter air yang dibawa oleh masing-masing gubernur akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara. Tanah dan air itu mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

“Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” kata Mahfud.

Mahfud juga mengatakan prosesi ini akan menjadi cerita yang sangat menarik dalam 100 tahun mendatang.

“Bagaimana kita berupacara melalui adat, kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru,” ujarnya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi Santoso mengungkapkan prosesi Kendi Nusantara sekaligus merupakan panjatan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar program pemindahan IKN dapat berjalan lancar.

“Supaya program besar ini bisa berjalan dengan baik dan semua elemen masyarakat bisa mendukung. Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah dimana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing,” ujar Heru dalam konferensi pers, Minggu (13/3).

Presiden Jokowi bersama seluruh gubernur akan berkunjung ke IKN Nusantara pada hari ini. Jokowi akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi pembangunan Istana Negara.

Sejumlah gubernur telah mengonfirmasi membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing. Seperti dari Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, hingga NTT.

Tinggalkan Komentar