Pengerjaan Jalan Suaka Alam Rampung, Taufan Pawe: Dukung Jalur Rel Kereta Api Parepare-Makassar

Terpapar Covid-19, Taufan Pawe Ungkap Manfaat Vaksin

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe

Parepare, PANRITA.News – Pemerintah Kota (Pemkot) di bawah pemerintahan Taufan Pawe telah merampungkan pengerjaan Jalan Suaka Alam Lestari sepanjang 3,5 kilometer dengan lebar 7 meter. Jalan ini dibangun untuk mendukung aktivitas ekonomi baru.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat di Parepare menuntut adanya upaya peningkatan pembangunan jalan dan jembatan. Ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas penduduk dan memperlancar arus lalu lintas barang dari satu daerah ke daerah lain.

Wali Kota Parepare dua periode ini berujar, ketersediaan jalan dan jembatan yang ada harus berjalan paralel dengan kondisi jalan dan jembatan yang baik pula.

“Alhamdulillah, Jalan Suaka Alam Lestari sepanjang 3,5 kilometer dengan lebar 7 meter telah selesai kita bangun. Jalan ini menghubungkan Jalan Jenderal M. Yusuf sebagai jalan lingkar nasional, juga mendukung jalur rel kereta api Parepare–Makassar. Diharapkan dapat mengurai kepadatan kendaraan yang melintasi Jembatan Sumpang Minangae,” jelas Taufan, Kamis (24/02/2022).

Taufan berharap, dengan adanya akses jalan dan jembatan yang baru ini, persoalan mobilitas orang, barang, dan jasa di Parepare dan antarkota yang melewati Parepare dapat terselesaikan.

Setelah selesainya pembangunan Jalan Suaka Alam Lestari, telah dimohonkan untuk dibuat lanjutan akses jalan adalah sepanjang 1.325 meter.

“Nantinya akan dilanjutkan pembangunan jalan sepanjang 1,3 kilometer dengan lebar 7 meter serta jembatan dengan panjang 125 meter dan lebar 7 meter,” tutur Ketua DPD I Golkar Sulsel itu.

Pada 2021 lalu, Parepare mendapatkan porsi bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) sebesar Rp9,8 miliar.

Bantuan itu berdasarkan Keputusan Gubernur Sulsel Nomor: 1394/VI/Tahun 2021 tentang pemberian bantuan keuangan kepada Pemkot Parepare tahun anggaran 2021 terkait pembangunan akses Jalan Suaka Alam Lestari.

“Anggaran pembangunan akses jalan sebesar Rp9.850.000.000 tersebut digunakan untuk pekerjaan pembangunan jalan sepanjang 850 meter, dengan lebar 7 meter. Sisa akses jalan yang dibutuhkan untuk merampungkan akses jalan tersebut adalah sepanjang 475 meter dengan lebar 7 meter,” ucap Taufan. (*)

Tinggalkan Komentar