Sore Ini, Logistik Korban Gempa di Selayar akan Disalurkan

Logistik

Logistik untuk korban gempa bumi di Selayar

Kepulauan Selayar, PANRITA.News – Logistik untuk korban gempa bumi di Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan rencananya akan diangkut sore nanti ba’da Ashar, Kamis (16/12/2021).

Logistik akan diangkut menggunakan KAL Suluh Pari milik TNI AL menuju Kecamatan Pasilambena. Sedangkan logistik untuk Kecamatan Pasimarannu akan diangkut menggunakan KM Bunga Batari.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., usai melakukan koordinasi ke KAL Suluh Pari yang sudah sandar di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar.

“Perintah pak Bupati ke saya agar logistik langsung didrop ke Pasilambena karena persendiaan logistik di sana sudah mulai menipis. Jadi ada dua kapal rencananya akan mengangkut logistik,selain KAL Suluh Pari, KM Bunga Batari juga kita akan arahkan ke Kecamatan Pasimarannu,” ujar Wabup Kepulauan Selayar Saiful Arif.

Saiful Arif menyampaikan agar BPBD Kepulauan Selayar membagi logistik yang ada serta semua unsur dapat ikut tetapi terbatas, maksimal 15 orang karena kapasitas kapal terbatas.

“Saya sudah memberikan petunjuk kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Selayar agar membagi logistik secara proporsional, termasuk siapa yang akan tugas dengan unsurnya ke Pasilambena dan Pasimarannu,” terangnya.

Lanjut Saiful Arif, sesuai informasi dari Bupati Kepulauan Selayar bersama rombongan yang sudah dua hari berada di lokasi terdampak gempa, bahwa kebutuhan paling mendesak adalah sembako, air mineral dan sejumlah kebutuhan lainnya.

Sedangkan logistik yang sementara terkumpul di BPBD Kepulauan Selayar untuk segera disalurkan berupa tenda pengungsi, tikar terpal, beras, makananan siap saji, obat-obatan, mie instan, selimut, air mineral, perlengkapan mandi, pakain, telur, peralatan makan, kebutuhan bayi, kebutuhan perempuan dan penambah daya tahan tubuh. Kendati demikian bantuan terus mengalir untuk para korban gempa di kepulauan.

Sebelumnya Wabup menegaskan bahwa sampai saat ini ia terus memantapkan koordinasi dan mengkoordinir sejumlah titik-titik pengumpulan bantuan untuk diarahkan supaya pengadaan bantuan itu sesuai dengan kebutuhan di lokasi. Termasuk koordinasi dengan pihak-pihak lain yang berada di luar Selayar, apakah organisasi, lembaga atau institusi berkaitan dengan armada ataupun bantuan lainnya agar dipusatkan di BPBD supaya lebih terarah dan tepat sasaran.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholders karena telah bergerak untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Pasilambena dan Pasimarannu,” tutup Saiful Arif.

Tinggalkan Komentar