Stakeholder Apresiasi Potensi Wisata dan Ekonomi Selayar

Stakeholder Apresiasi Potensi Wisata dan Ekonomi Selayar

Sejumlah stakeholder terkait memberikan apresiasi terkait pelaksanaan Selayar Investmant Day di Hotel Claro Makassar, Senin (15/11/2021).

Makassar, PANRITA.News – Sejumlah stakeholder terkait memberikan apresiasi terkait pelaksanaan Selayar Investmant Day di Hotel Claro Makassar, Senin (15/11/2021). Apresiasi diberikan bukan hanya terkait keindahan tapi juga potensi ekonomi dan pariwisata Selayar.

“Kami optimistis, Selayar ini bisa seperti Bali di masa depan,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana.

Menurut dia, berdasarkan data yang ada, sumbangsih Selayar terhadap perekonomian Sulsel khususnya di bidang pariwisata baru sekitar 1,1 persen. Tapi, hal tersebut tidak bisa menjadi acuan untuk menilai potensi yang ada.

“Sumbangsihnya masih kecil terhadap perekonomian daerah. Tapi bukan itu yang utama. Kami melihat potensinya sangat besar, kalau investasi didorong maka bisa menjadi kekuatan ekonomi Sulsel ke depannya,” ungkap Iman Karana.

Apresiaso serupa diberilan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andi Purnomo. Dia mengungkapkan, sejauh ini ada tujuh komoditas utama ekspor Sulsel. Dan lima di antaranya sangat berlimpah di Selayar, seperti potensi ikan, udang, dan olahan rumput laut.

“Kami akan mendukung penuh investor, pelaku usaha yang bertujuan ekspor di Selayar. Kantor kamk terbuka 24 jam untuk membangun sinergi dan berkomunikasi,” ungkapnya dihadapan Bupati Selayar, Basli Ali.

Selain itu, Andi Purnomo yang mengaku telah berulangkali mengunjungi Selayar mengatakan dirinya takjub dengan keindahan Kabupaten Kepulauan Selayar. Potensi industri pariwisata juga sangat besar dan menunggu investor untuk datang.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sulsel menyatakan, dirinya beberapa kali berkunjung ke Selayar dan keindahan Selayar menjadi daya tarik utama.

“Walaupum catatan investasinya dari total investasi yang masuk ke Sulsel masih di urutan ke 16 dari 24 kabupaten-kota, tapi potensinya sangat besar. Kami mendorong investasi terus bertumbuh di sana,” tuturnya.

Ketua HIPMI Sulsel Andi Rahmat Manggabarani meminta dukungan semua pihak khususnya kalangan pemerintah, provinsi dan kabupaten untuk menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk semua investor yang akan datang ke Selayar.

“Kami siap bekerja bersama-sama membangun Selayar dengan potensi ekonominya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Komentar