Sutarmin Pertanyakan Status Kepemilikan Fasum dan Fasos TKHT-PKT

Anggota Komisi II DPRD Bontang, Sutarmin

Anggota Komisi II DPRD Bontang, Sutarmin.

Bontang, PANRITA.News – Anggota Komisi II DPRD Bontang Sutarmin mempertanyakan kelanjutan penyerahan Sejumlah Fasilitas Umum (fasum), dan Fasilitas Sosial (fasos) oleh Yayasan Kesejahteraan Hari Tua Pupuk Kaltim (YKHT-PKT) kepada pihak Aset Daerah.

“Ini sudah setahun setelah pengukuran sekaligus penyerahan fasum dan fasos tapi belum ada tindaklanjut dari aset daerah. lalu apa Kerjaanya BKAD Pemkot selama ini?,” Ujarnya, saat ditemui di sekretariat DPRD Kota Bontang, Senin (25/10/2021).

Mestinya, kata dia, tahapan selanjutnya menjadi tanggung jawab Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) agar segera menindak lanjuti penyerahan fasum dengan membuat sertifikat sebagai bentuk kepemilikan oleh pemerintah daerah Bontang

“Mestinya di tindaklanjuti oleh pihak aset setelah proses penyerahan dari pihak yayasan. Ini sudah lebih setahun setelah pengukuran. Kita juga pertanyakan komitmen wali kota soal penanganan aset daerah,” ucap dia.

Lebih lanjut politisi Gerinra itu mengaku, pihaknya telah melakukan upaya bersama warga BTN-PKT menemui Wali Kota Bontang Basri Rase untuk membahas terkait hal itu.

“Dari penjelasan wali kota katanya sudah dalam tahap proses, tapi tidak ada kepastian kapan,” katanya.

Sutarmin mengungkapkan, ada 8 titik fasum dan fasos yang berada di atas luas lahan sebesar 3.840 meter persegi, selama ini belum tersentuh Aggaran Pemerintah karena status lahan tersebut belum menjadi aset Daerah.

“Sangat disayangkan, pemerintah belum berhak membangun peningkatan fasilitas dan infrastruktur penunjang yang diperuntukkan bagi masyarakat umum,” tandasnya.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Bontang,  Basri Rase menjelaskan jika proses pengalihan Fasum dan Fasos BTN PKT sudah dalam proses BKAD.

“Sudah di proses oleh aset,” singkat Basri saat ditemui di Pendopo Rujab Wali Kota.

Diketahui,  sebanyak 8 aset fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) Perumahan BTN-PKT, yang berada di atas luas lahan sebesar 3.840 meter persegi, telah diserahkan Pihak YKHT-PKT kepada Pemkot Bontang Okrober 2020.(*)

Tinggalkan Komentar