Bantu Pengembangan Pertanian, BNI Wilayah 07 Makassar Salurkan KUR Rp 7 M ke Petani Gowa

Pemimpin BNI Wilayah 07 Makassar, Hadi Santoso

Pemimpin BNI Wilayah 07 Makassar, Hadi Santoso

Makassar, PANRITA.News – Bank Negara Indonesia (BNI) wilayah 07 Makassar melalui BNI Gowa telah menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian sebesar Rp. 7 Miliar di Kec. Tombolo Pao Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Dana KUR Pertanian tersebut disalurkan melalui kelompok-kelompok tani yang ada di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa. 

Pemimpin BNI Wilayah 07 Makassar, Hadi Santoso mengemukakan bahwa pembiayaan atau kredit usaha rakyat di bidang pertanian untuk para petani sayur akan digelontorkan melalui 58 kelompok tani yang ada di Desa Kanreapia. 

“Rencananya kami melakukan pola pembiayaan petani sayur ini, ada kurang lebih 58 kelompok tani, dengan masing-masing kelompok tani itu memiliki 25 anggota, sehingga kurang lebih ada 1.235 petani melakukan penanaman sayur mayur yang ada di sana,” ungkapnya, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, BNI melihat besarnya potensi pertanian sayur yang ada di kawasan tersebut. Sehingga dengan adanya dana kur ini akan membuat petani akan semakin mampu untuk mengembangkan pertanian di kawasan tersebut, hal itu akan membuat kesejahteraan juga semakin meningkat. Terbukti dari dana KUR yang telah disalurkan sampai saat ini keberhasilan tetap terjaga dengan Kolektibility 100%.

“BNI wilayah Makassar tentunya tidak tinggal diam, saat ini kami sudah membantu petani sayur yang ada dikawasan desa kanreapia untuk pengembangan pertanian yang dilakukan oleh petani dilanjutnya kol, wortel dan lain-lain,” lanjutnya.

Potensi tersebut dilihat BNI dengan dimulainya pembangunan industri sapi perah di kawasan malino sehingga BNI wilayah Makassar 7 ikut serta dalam pengembangan pertanian di Kab. Gowa khususnya di Desa Kanreapia Kec. Tombolo Pao Kab. Gowa.

Ia juga berharap, agar pengembangan pertanian di wilayah tersebut dapat berkembang semakin cepat. Hal tersebut bertujuan agar pasokan sayur mayur di wilayah Sulawesi Selatan dan sebahagian wilayah Kalimantan dapat terpenuhi. 

“Diharapkan industri pertanian yang ada di Malino terus bertumbuh semakin cepat dan dapat mensupport kebutuhan sayur mayur di Sulawesi Selatan dan sebagian Kalimantan,” harapnya.

“BNI selalu siap membantu para petani dalam hal pengembangan dan pemulihan ekonomi nasional,” tegasnya. 

Harapan juga datang dari Iqzal Anwar, Pemimpin BNI Cabang Mattoanging. Disampaikannya, melalui penyaluran KUR pertanian ini, petani mampu dengan cepat berkembang dalam menghasilkan sayur-sayuran, sekaligus kesejahteraan semakin meningkat dengan berkembangnya produksi pertanian mereka

“Saya harapkan agar dana KUR ini meningkatkan kesejahteraan petani dengan produksi yang dapat berkembang pesat,” harapnya ketika dihubungi wartawan.

Tinggalkan Komentar