Pemkot Parepare Gelar Lomba Inovasi Daerah

Parepare, PANRITA.News – Pemerintah Kota Parepare, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali akan menggelar Lomba Inovasi Daerah tahun ini.

Lomba Inovasi ini diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat berinovasi para aparatur lingkup Pemkot Parepare, sekaligus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi menjadi salah satu budaya kerja yang harus terus ditumbuhkan.

Harapan ini diungkap Sekretaris Daerah Kota Parepare H Iwan Asaad saat membuka Drump Up Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare, secara virtual, Jumat, (16/7/2021).

Turut hadir secara virtual Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Dr Andi Taufik MSi dan Koordinator Kajian Manajemen Pemerintah Puslatbang KMP LAN Makassar Anita SSos MSi. Drum Up dipusatkan di ruang rapat Bappeda Parepare.

Iwan Asaad atas nama Pemkot Parepare berterima kasih kepada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN Makassar yang telah bekerja sama dengan Pemkot Parepare melaksanakan pengembangan inovasi di Parepare sejak 2017 melalui kegiatan pendampingan pengembangan inovasi dan penilaian inovasi melalui Lomba Inovasi Daerah.

“Pelaksanaan Lomba Inovasi merupakan terobosan penting dalam menciptakan inovasi yang akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Iwan.

Iwan menekankan, Inovasi menjadi penting bagi kalangan aparatur Pemerintah Daerah sebagai jawaban atas tuntutan pelayanan publik yang berkualitas. “Pelayanan publik tidak akan mungkin maksimal kalau hanya berpaku pada pola-pola lama yang konvensional,” ingat Iwan.

Dia berharap inovasi menjadi salah satu budaya kerja yang harus terus ditumbuhkan. Sistem kerja yang dilakukan harus terus diperbaharui sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Kita tidak boleh terjebak dengan pola-pola layanan yang rutin kita laksanakan, akan tetapi kita harus selalu mengevaluasi pelayanan yang kita berikan dan berangkat dari hal tersebut kita mampu menciptakan inovasi yang bermuara pada peningkatan pelayanan publik,” pesan Iwan.

Mantan Kepala Bappeda Parepare ini mengemukakan, mulai 2016 tahun 2019, telah dilakukan Lomba Inovasi.

“Dan Alhamdulillah telah memunculkan inovasi dari SKPD yang dapat dikembangkan. Dan upaya tersebut telah mengantar Kota Parepare mendapatkan berbagai penghargaan, baik penghargaan pimpinan Pemerintah Kota Parepare sebagai Wali Kota Inovatif maupun penghargaan inovasi pelayanan publik,” ungkap Iwan.

Dia mengungkapkan, Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe telah memberikan penguatan terhadap inovasi-inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga para aparat dituntut untuk lebih berpikir kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melayani dan mengayomi masyarakat Parepare.

Dalam kesempatan itu juga dihadirkan beberapa kepala sekolah/guru untuk menginspirasi dan mengembangkan semangat inovasi guru dalam mencerdaskan anak didiknya dan pada akhirnya akan memajukan pendidikan di Parepare.

“Guru juga akan dimotivasi untuk berkompetisi dalam pengembangan inovasi proses pembelajaran. Untuk tahun ini akan dilaksanakan juga Workshop Champion Innovation (WCI) khusus untuk guru sebagai langkah awal untuk pelaksanaan kompetisi inovasi bidang pendidikan,” terang Iwan, mantan Kepala Dinas Kominfo Parepare.

Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha yang diwakili Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun menambahkan, langkah awal yang telah dilakukan dalam Lomba Inovasi ini adalah dengan menginstruksikan semua SKPD/Unit Kerja untuk mengisi Kotak Inovasi secara daring pada link yang telah disiapkan http://bit.ly/KotakInovasi. Update hingga hari ini telah masuk 34 inovasi dari 21 SKPD/Unit Kerja lingkup Pemkot Parepare.

Pelaksanaan Lomba Inovasi 2021 ini akan didampingi oleh Puslatbang KMP LAN Makassar sebagai Tim Penilai Lomba Inovasi Pemerintah Kota Parepare. “Karena itu kami minta dukungan semua OPD untuk dapat berpartisipasi dan mengikuti rangkaian kegiatan Lomba Inovasi tahun ini,” harap Zulkarnaen.

Tahapan Lomba Inovasi tahun ini mulai dari penyampaian ide atau gagasan inovasi melalui Kotak Inovasi pada link tersedia pada Juni 2021. Kemudian penyampaian informasi tentang Lomba Inovasi pada Juli 2021.

Penyusunan portofolio inovasi dan video inovasi pada Juli hingga Oktober 2021. Penyampaian portofolio dan video inovasi pada Oktober 2021. Penilaian inovasi oleh Tim Penilai pada Oktober 2021. Validasi lapangan juga pada Oktober 2021. Dan penyerahan penghargaan Lomba Inovasi pada 1 November 2021.

Tinggalkan Komentar