Wakil Ketua DPRD Bontang Usulkan Salat Iduladha Tetap Digelar

Bontang, PANRITA.News – Wakil Ketua II DPRD Bontang, Agus Haris mengusulkan kepada pemkot dan satgas Covid-19, untuk tetap mengelar salat id pada momentum Hari Raya Iduladha mendatang.

Hal itu disampaikannya di sela-sela rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal RPJMD Bontang tahun 2021-2026 yang digelar di Kantor DPRD, Senin (5/7/2021).

Saat ini, kata Agus Haris, diketahui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan kebijakan larangan melaksanakan salat id dan takbiran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlangsung 3-20 Juli 2021.

Namun, dirinya meminta kepada Pemkot Bontang untuk tetap melaksanakannya, dengan catatan dilakukan pengawasan ketat di setiap masjid atau tempat penyelenggaraan salat lainnya. “Apalagi ini momen sekali setahun,” katanya.

Selain itu, politisi Gerindra ini juga mengusulkan ke Pemkot Bontang untuk melaksanakan doa bersama yang diikuti seluruh umat beragama di Kota Taman. Pelaksanaannya, sambung dia, tetap dijalankan sesuai protokol kesehatan (prokes).

Hal ini menurutnya, bisa meningkatkan iman selain harus meningkatkan imun. “Masyarakat jangan terlalu memiliki rasa takut berlebihan terhadap Covid-19 ini. Tetap harus meningkatkan imun dengan cara menerapkan pola hidup yang bersih,” pesannya.

Menjawab usulan tersebut, Wali Kota Bontang, Basri Rase menyampaikan, pihaknya bersama satgas masih membahas dan mempertimbangkan kebijakan tersebut. Berdasarkan aturan yang dikeluarkan Kemenag RI, kata Basri, tidak semua masjid dapat menggelar salat iduladha.

Bagi masjid di wilayah zona oranye dan merah, maka hal tersebut tegas dilarang. Kendati demikian, satgas hingga kini belum memutuskan kebijakan itu lantaran masih melihat perkembangan terbaru penyebaran kasus Covid-19 hingga mendekati hari H pelaksanaan.

“Termasuk sistem pelaksanaan doa bersama antar umat beragama, masih akan kita diskusikan bersama nanti,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar