DPPKB Gencarkan Program Keluarga Berencana di Bontang

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana mencatat ada 18.3229 peserta KB aktif yang ada di Bontang per Bulan Mei 2021.

Kepala DPPKB Bontang Bahtiar Mabe mengatakan, tujuan ber-KB pada umumnya digunakan untuk mengendalikan kelahiran dan pertambahan penduduk.

Program ini berfungsi untuk mengurangi populasi penduduk pada suatu negara agar tidak adanya kepadatan penduduk yang memberikan dampak bagi perekonomian keluarga dan stabilitas negara.

“Itu termasuk dalam menekan angka kelahiran, apalagi saat pandemi sekarang kebanyakan aktivitas keluarga berada di rumah saja,” kata Bahtiar Mabe saat ditemui awak media, Kamis (17/6/2021).

Selanjutnya pihaknya juga menjelaskan tujuan keluarga berencana selanjutnya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan adanya program KB maka keluarga mampu merencanakan pengeluaran dan kebutuhan keluarga agar seimbang dengan pendapatan yang dimiliki.

Dengan adanya program KB diharapkan kesehatan keluarga yang menjadi peserta program KB juga meningkat.

“Selain kesehatan reproduksi dan mental sang ibu, anak yang dilahirkan juga dapat tumbuh normal dan diberikan kasih sayang yang penuh oleh orang tua,” sambungnya.

Terakhir, tujuan keluarga berencana juga berguna untuk mengatur jarak kelahiran anak. Anak-anak yang dilahirkan akan tumbuh besar dan penuh kasih sayang karena banyaknya waktu luang yang dimiliki orang tua.

“anak-anak yang lain juga mampu mendapatkan pendidikan yang baik karena sumber pendapatan tidak hanya habis untuk biaya kebutuhan sehari-hari saja,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar