Nursalam Tagih Janji Pemerintah, Soal Insentif Nakes 2021 Belum Terbayar

Bontang, PANRITA.News – Anggota Komisi II DPRD Kota Bontang Nursalam, menagih janji pemerintah yang akan menyelasaikan tunggakan insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk Bulan Januari hingga Maret 2021.

“Tahun 2020 di bulan September, November, dan Desember sudah dibayar, namun di 2021 tepatnya Januari hingga Mei belum dibayar, alasannya tidak dianggarkan,” ungkapnya, Senin (14/6/2021).

Ia lalu menjelaskan, Jika Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pada rapat beberapa waktu lalu, menjajikan akan memasukkan anggaran tunggakan insentif nakes itu pada anggaran recofusing.

“dalam daftar recofusing, anggaran untuk insentif nakes itu tidak ada,” ungkapnya.

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran tahun 2021 dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya.

Pada pasal 9 dan 10 menurut pemerintah pusat dikembalikan kepada daerah sehingga pembayaran insentif nakes dianggarkan kepada daerah.

“aturannya kan jelas, jadi. pemerintah saat ini lalai dan ingkar,” lanjut Nursalam.

Politikus Golkar itu menyayangkan sikap pemerintah, dikarenakan anggaran hasil recofusing untuk membiayai program pemerintah sekaitan dengan covid-19, namun tidak mengakomodir tunggakan insentif Nakes itu.

“kasian ini pada nakes kita, sudah berjuang untuk pasien Covid-19, pun jika ada aturan yang baru, nakes kita harus dijelaskan secara baik dan mendetail,” Pungkas Nursalam.

Tinggalkan Komentar