Halal Bihalal NU Makassar Bakal Hadirkan KH Yahya Cholil Staquf

Makassar, PANRITA.News – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Makassar akan menggelar Halal Bihalal Kebangsaan 1442 Hijiriah dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Acara tahunan ini berlangsung di Asrama Haji Sudiang, Selasa 8 Juni 2021 dengan menghadirkan penceramah KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, Katib Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

Diperkirakan ratusan tamu undangan yang akan menghadiri acara tersebut. Dengan demikian panitia pelaksana akan menerapkan Prokes yang ketat. Mulai dari luar ruangan hingga dalam ruangan.

Sebelum memasuki ruangan acara, tamu undangan akan menjalani tes suhu badan. Selain itu semua diwajibkan untuk menerapkan Prokes seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Di lokasi disiapkan wastafel. Jadi sebelum masuk ruangan harus mencuci tangan. Dan tamu yang tidak memakai masker dilarang masuk. Ini berlaku untuk semua tanpa terkecuali,” tegas Ketua Panitia Halal Bihalal Kebangsaan, Muhammad Ishak, Sabtu 2 Juni 2021.

Sama saat dalam ruangan kata Ishak, tamu undangan juga harus menjaga jarak, dilarang bersentuhan fisik. Dan, tetap menggunakan masker selama acara berlangsung.

Hal Ini dilakukan menurut dia demi menjaga keselamatan bersama di tengah pandemi Covid-19 yang masih merajalela. Mematuhi protokol kesehatan salah satu langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita harus sama-sama saling memahami. Apalagi Pemkot Makassar terus berupaya menekan lonjakan Covid-19 di Makassar dengan berbagai programnya. Dan ini tugas kita semua untuk mendukungnya,” jelasnya.

Ketua Lembaga Perekonomian NU Makassar ini juga mengungkapkan beberapa rangkaian acara Halal Bihalal, yakni doa bersama mengenang wafatnya Anregurutta KH Sanusi Baco dan Memorandum of Understanding (MoU) PCNU Makassar dan Pemkot Makassar.

Nota kesepahaman atau MoU dalam program Keagamaan yakni penguatan iman umat, yang merupakan salah satu visi-misi pasangan Muhammad Ramdhan “Danny” Pomanto dan Fatma Rusdi (Adama) di Makassar.

Ketua PCNU Makassar KH Kaswad Sartono mengatakan bahwa MoU tersebut hasil pembicaraan PCNU Makassar bersama dengan Walikota Makassar Danny Pomanto.

“Program keagamaan ini hasil pembicaraan kami dengan pak Danny. Kita sama-sama memperkuat iman umat di Kota Makassar,” terang Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Sulsel itu.

Sekedar diketahui, tamu undangan yang dipastikan hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Kakanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni, Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo.

Kemudian Kapolrestabes Makassar, Witnu Urip Laksana, Ketua PWNU Sulsel KH. Hamzah Harun Al Rasyid dan Ketua Pengurus Cabang NU se-Sulsel.

Tak hanya itu sejumlah tokoh dan ulama NU Sulsel juga akan hadir dalam acara ini. Pimpinan partai politik di Makassar turut diundang, pimpinan universitas serta Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam lainnya.

Tinggalkan Komentar