Kwarcab Pramuka Kabupaten Selayar Gelar Launching Gudep dan Orientasi Mabigus

Selayar, PANRITA.News – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Selayar melakukan launching Nomor Gudus Depan dan Orientasi KA MABIGUS, di Aula Kantor Bupati Selayar, Selasa(1/6/2021) kemarin.

Orientasi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati selayar Saiful Arif, selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Selayar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Forkopinda, Staf ahli bidang kesejahtraan, Camat se Kabupaten Selayar, kepala kantor agama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Kepala Sekolah SD, SMP, MTSN, SMA, MAN dan SLB se Kabupaten Selayar.

Kegiatan orientarasi tersebut melibatkan para Kepala Sekolah yang juga sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), baik tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat.

Ketua Panitia Riswan ibrahim mengatakan, pelaksanaan orientasi Mabigus tersebut sebagai upaya peningkatan kompetensi para kepala sekolah di bidang kepramukaan, sehingga nantinya kepala sekolah meningkatkan peran sertanya mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing-masing.

“Melaksanakan kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang pramuka dan memberikan pemahaman kepramukaan kepada KAMABIGUS dan pembina pramuka gugus depan,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Mustakim mengungkapkan gerakan pramuka merupakan organisasi mendunia yang sudah terbukti dan terpuji sebagai salah satu pendidikan karakter terbaik.

“kita ketahui bersama gerakan pramuka adalah wadah untuk membimbing dan membina generasi muda agar mereka bisa menjadi manusia yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa memiliki kepribadian yang tangguh, trampil dan berpengetahuan sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” jelasnya.

“Saya berharap agar ketua mabigus mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi bekal nantinya melaksanakan kegiatan kepramukaan,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif. Kata dia, pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan perlu dilakukan untuk mewujudkan generasi emas bangsa.

“keberadaan gugus depan di satuan pendidikan tentunya harus di dukung semua unsur Sekolah terutama Kepala Sekolah, ketua pembimbing mabigus, dan pembina pramuka yang handal dalam melakukan pembinaan terhadap peserta didik,” terangnya.

“Orientasi kepramukaan mabigus dan pembinaan pramuka gudep Kabupaten Selayar adalah sala satu modal awal bagaimana memberikan pemahaman pentingnya melaksanakan pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan sebagai mewujudkan generasi emas bangsa di masa yang akan datang,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar