Bakhtiar Wakkang Dorong Dispopar Buat Kajian Induk Ekonomi Kreatif Bontang

Bontang, PANRITA.News – Komisi II DPRD Kota Bontang Menggelar Rapat Kerja terkait Pembahasan Raperda tentang perlindungan dan pengembangan Ekonomi Kreatif.

Dalam Rapat tersebut, Anggota Komisi II DPRD Kota Bontang Bakhtiar Wakkang, mengusulkan ke Dinas Pemuda, Olaraga Dan Pariwisata (dispopar) sebagai leading sektor Ekonomi Kreatif untuk membuat Kajian Induk.

“saya medorong dispopar, untuk membuat kajian induk ekonomi kreatif yang memuat 16 sub sektor usaha, Kaian Induk ini perlu untuk mendampingi ekonomi Kreatif,” Ujar Bakhtiar

“kajian induk diperlukan untuk menjadi pedoman kita dalam memajukan Ekonomi Kreatif di Bontang, juga dalam kajian tersebut, bisa lebih jelas yang disebut Ekonomi kreatif yang mana Ukmk. Lanjutnya.

Selain Kajian Induk, Bakhtiar Wakkang juga Menyoroti leading sektor yang membawahi Ekonomi kreatif setingkat kepala Seksi.

“Sekarang leading sektor ekonomi Kreatif itu, dibawahi kepala Seksi saja di dispopar, Ini ada 16 sektor usaha. Baiknya jika ingin sektor ekonomi kreatif kita berkembang, agar sibawahi kepala bidang atau buatkan Badan sekalian, Ujar BW sapaan Akrab Bakhtiar Wakkang, Rabu (2 /6/2021).

Ekonomi Kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi.


Adapun Sektor-Sektor Industri Kreatif Sebagai berikut :

  1. Aplikasi dan pengembangan permainan
  2. Arsitektur
  3. Desain Produk
  4. Fashion
  5. Desain Interior
  6. Desain Komunikasi Visual
  7. Seni Pertunjukan
  8. Film, Animasi dan Video
  9. Fotografi
  10. Kriya
  11. Kuliner
  12. Musik
  13. Penerbitan
  14. Periklanan
  15. Seni rupa
  16. Televisi dan Radio

Tinggalkan Komentar