Hanya 20 Desa di Bulukumba Tepat Waktu Tuntaskan SDGs, Kindang Terbanyak

Bulukumba, PANRITA.News – Jangka waktu pemutakhiran data berbasis SDGs yang telah ditetapkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah berakhir sejak 31 Mei 2021 kemarin.

Hasinya, hanya 20 Desa dari 109 Desa se Kabupaten Bulukumba yang berhasil menyelesaikan pendataan dan melakukan penetapan SDGs tepat waktu.

Pendamping Lokal Desa, Ihwan mengungkapkan, dari 20 desa yang telah melakukan penetapan, Kecamatan Kindang menjadi penyumbang terbanyak.

“Dari 10 Kecamatan di Bulukumba Kecamatan Kindang yang terbanyak melakukan penetapan hasil pemutahiran data SDGs,” kata Iwan, sapaan akrabnya, Rabu (2/6/2021).

Untuk Kecamatan Kindang, lanjut Mantan Ketua HMI Cabang Bulukumba ini, sebanyak 7 Desa telah melakukan penetapan diantaranya, Mattirowalie, Benteng palioi, Sipaenre, Orogading, Somba Palioi, Tamaona, dan Sopa.

“Untuk Kecamatan lain, Rilau Ale 6 Desa, Bulukumpa 4 Desa, Ujung Loe 2 Desa, dan Bonto Tiro 1 Desa yang sudah melakukan penetapan,” lanjutnya.

Diketahui, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil.

Sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Tinggalkan Komentar