Sering Ditanya Siswa, Menteri Nadiem Desak Satuan Pendidikan Segera Buka PTM

Jakarta, PANRITA.News – Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim kembali meminta satuan pendidikan di daerah agar segera melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Alasannya sudah banyak pelajar yang mengadu kepadanya dan meminta agar sekolah dibuka karena kesulitan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Saya masih cukup sering mendengar keluhan para pelajar yang ingin kembali bersekolah, mereka bertanya kapan sekolah dibuka lagi, kapan bisa bertemu guru dan teman-teman, hal itu membuktikan anak-anak kita sudah tidak sabar,” ungkapnya, seperti dikutip dari Suara.com.

Menurut Nadiem saat ini sudah banyak pelajar yang terhambat pembelajarannya akibat berbagai kendala yang mereka dapatkan saat menjalani pembelajaran jarak jauh.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan agar segera melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan tetap protokol kesehatan yang ketat.

“Sekali lagi, saya imbau, kepada seluruh satuan pendidikan, jika ibu dan bapak guru serta tenaga pendidikan sudah divaksinasi mohon segera memberikan opsi PTM terbatas,” kata Nadiem.

Hingga saat ini, beber Nadiem, baru 25 persen sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka, angka ini sangat kecil sebab pemerintah pusat sudah memberikan wewenang ke daerah untuk membuka sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan ketat sejak Januari 2021 lalu.

Nadiem menjelaskan dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang sekolah di masa pandemi disebutkan bahwa keputusan terakhir buka sekolah diserahkan penuh kepada orang tua atau wali murid.

Dalam SKB tersebut mewajibkan sekolah tetap memberikan dua opsi yakni pembelajaran tatap muka (offline) atau jarak jauh (online) sesuai dengan izin orang tua atau wali murid.

Tinggalkan Komentar