Kualifikasi Piala Dunia 2022: Korea Utara Resmi Mundur, Malaysia Kena Imbasnya

PANRITA.News – AFC selaku induk sepak bola Asia secara resmi mengumumkan pengunduran diri Tim Nasional Korea Utara dari ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

“Hari ini AFC mengkonfirmasi mundurnya Korea Utara dari ajang Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan Piala Asia Tiongkok 2023,” seperti yang tertulis di laman resmi AFC, Minggu (16/5/2021).

Mundurnya Korea Utara diduga kuat karena penyebaran virus Covid-19 yang masih cukup besar terjadi dibeberapa negara. Apa lagi Korea Utara termasuk negara dengan kasus penularan covid-19 tersedikit.

Padahal, Korea Utara memiliki memiliki peluang besar untuk lolos pada ajang Piala Dunia Qatar tahun depan.

Dilansir dari Bolasport.com, AFC sebelumnya telah membujuk korea utara agar tetap bermain di gelaran tersebut, namun tekad yang kuat membuat AFC tak mampu berbuat banyak.

Dari total 5 laga yang sudah dijalani, Korea Utara berhasil menempati peringkat empat klasemen sementara Grup H dengan mengoleksi 8 poin,

Nilai tersebut, sama dengan poin yang dikumpulkan Korea Selatan dan Lebanon yang menduduki peringkat kedua dan ketiga, dan hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Turkmenistan.

Mundurnya Korea Utara, secara tidak langsung akan berdampak buruk bagi Tim Nasional Malaysia.

Pasalnya, berdasarkan aturan, AFC harus memangkas poin seluruh pertandingan saat melawan juru kunci klasemen di setiap grup. Artinya seluruh kemenangan yang dihasilkan kala melawan juru kunci grup tidak akan dihitung.

Hal itulah yang membuat Malaysia ketar ketir karena berhasil mendapatkan enam poin kala menghadapi Indonesia yang saat ini menjadi juru kunci Grup G.

“Kami tahu, jika Korea Utara mundur, itu akan berdampak sedikit negatif pada tim nasional, sehingga tiga pertandingan (sisa) menjadi lebih penting,” kata Sekjen FAM (Federasi Sepak Bola Malaysia), Stuart Ramalingam, dikutip dari media harian.

Tinggalkan Komentar