Kuatkan 8 Fungsi Keluarga Melalui Kampung KB

Bontang, PANRITA.News – Kampung KB (Keluarga Berencana) hadir di tengah masyarakat memiliki fungsi, mengentaskan kemiskinan, mendekatkan pembangunan kepada masyarakat dan juga bisa menguatkan delapan fungsi utama keluarga.

Delapan fungsi keluarga tersebut, yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan hidup.

“Dalam upaya mengaktualisasikannya, Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB mengadakan kegiatan gotong-royong bersih-bersih lingkungan di sekitar sekertariat,” ujar Zubair Muin, Penyuluh KB Bontang Barat dan Lestari, Selasa (4/5/2021).

Kampung KB juga memiliki berbagai macam program tak yang berasal dari BKKBN. Namun adapula program dari Dinas Pendidikan dan juga Dinas Kesehatan yang dilakukan di Kampung KB.

“Misalnya pemeriksaan kesehatan reproduksi, kalo BKKBN sendiri programnya terkait kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, kalau dari disdikbud meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan dari dinkes biasanya cek kesehatan secara berkala,” sambungnya.

Selanjutnya Zubair mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait agar semakin banyak program Kampung KB di Kota Bontang meski di tengah pandemi covid-19.

“Banyak manfaat yang diterima oleh kampung KB, pelatihan, kekeluargaan dan nantinya juga bisa mengembangkan kegiatan yang produktif meski berada di tengah pandemi,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar