Forum Anak Bontang Ikut Berperan dalam Mewujudkan Kota Layak Anak

Forum Anak Bontang Ikut Berperan Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak.

Bontang, PANRITA.News – Forum Anak Bontang berperan dalam mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA).

Disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang Bahtiar mabe, Peran Forum anak merupakan organisasi resmi yang punya peran untuk menyampaikan aspirasi pembangunan dalam sudut pandang/perspektif anak.

Misalnya dalam proses penyusunan kebijakan daerah melalui musrembang maupun kegiatan resmi lainnya.

“Sebagai organisasi binaan DPPKB, forum anak tentunya memiliki tanggung jawab yang besar, dan bisa mengusulkan sumbang saran dalam pemenuhan sarana prasarana yang baik dalam mengembangkan potensi perlindungan anak di Bontang,” kata Bahtiar saat ditemui awak media, Senin (3/5/2021).

Lebih jauh, keberadaan Forum anak maupun kelompok anak lainnya menjadi indikator partisipasi anak dalam kluster hak sipil dan kebebasan.

Penyelenggaraan forum anak diatur khusus di Peraturan Menteri PPPA nomor 18 tahun 2019.

“Peran mereka tentunya besar, apalagi mendapatkan payung hukum yang jelas, jadi semaksimal mungkin harus meningkatkan pikiran dalam hal memperjuangkan segala bentuk kebutuhan yang di perlukan,” sambungnya.

Beberapa waktu yang lalu, Forum Anak Bontang mengadakan kegiatan kaderisasi kepengurusan periode tahun 2021-2023. Disampaikan oleh Kasi Pemenuhan Hak Anak Trully Tisna, agenda tersebut di isi dengan penyampaian materi pembekalan untuk seluruh calon kader forum anak Bontang.

“Kaderisasi di isi dengan pembekalan pengetahuan yang beragam, pematerinya pun juga berasal dari kalangan jurnalistik, publik speaking dan peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor (2P) dari DPPKB. Tujuannya mencetak generasi yang unggul dan mampu melahirkan program-program yang meningkatkan kapasitas berfikir bagi anak di Kota Bontang, khususnya dalam persepktif perlindungan anak,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar