Tim Fasilitator Pamsimas Kabupaten Gowa Ikuti Lokalatih Fasilitator 2021

Tim Fasilitator Pamsimas Kabupaten Gowa Ikuti Lokalatih Fasilitator 2021.

Makassar, PANRITA.News – Kementerian PUPR dalam hal ini Direktorat Air Minum Ditjen Cipta Karya menggelar kegiatan Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) Fasilitator Pamsimas T.A. 2021.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini dilaksanakan mulai tanggal 27-30 April 2021 di Hotel Four Point Kota Makassar.

Panitia pelaksana kegiatan. Ir. H. Hadlan yang juga selaku Co-PC Provinsi Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa jumlah peserta kegiatan ini adalah 244 Orang yang terdiri dari Senior Fasilitator sebanyak 28 orang, Fasilitator Masyarakat Bidang Pemberdayaan sebanyak 148 dan Fasilitator Masyarakat Bidang Teknik sebanyak 68 orang. Adapun tenaga pemandu kegiatan dalam lokalatih ini adalah dari tim Roms Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan ini dimulai dimana semua peserta diwajibkan mengikuti SWAB Antigen yang diselenggarakan oleh Panitia,” jelasnya Hadlan dalam keterangannya, Selasa (27/4/2021).

“Pada pelaksaan kegiatan ini, Peserta wajib melaksanakan protokol kesehatan, yaitu memakai masker baik di dalam maupun di luar ruang meeting, mencuci tangan pakai sabun/menggunakan hand sanitizer saat masuk ruang meeting, berkenan diperiksa suhu tubuhnya saat masuk ruang meeting, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” lanjutnya.

Turut hadir membawakan sambutan sekaligus membuka Lokalatih Fasilitator secara resmi oleh Dr. Ir. H. Ahmad Asiri, M.Si. selaku Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Ia memberikan motivasi terkait dengan tujuan diadakan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas tim fasilitator agar mampu melaksanakan tugas pendampingan kepada masyarakat pada pelaksanaan dan keberlanjutan Program Pamsimas III.

Selanjutnya, Ahmad Asiri juga memberikan penekanan terhadap masih terdapat KPI yang belum tercapai secara maksimal diantaranya adalah KPI-1 mengenai perhitungan target jumlah penerima manfaat dalam RKM untuk menjadi 100%, KPI-3 mengenai target dalam menhijaukan desa sasaran yang kategori merah dan kuning. Serta KPI-15 mengenai target keberfungsian sarana Air Minum dan Sanitasi di sekolah secara baik dan tidak.

Sementara itu, Muhammad Arsyam yang menjadi perwakilan peserta Lokalatih kali ini mengatakan bahwa dalam rangka menjamin terhadap keberlanjutan program pamsimas ini banyak hal yang perlu diperhatikan.

Muhammad Arsyam yang juga sebagai Fasilitator Masyarakat Bidang Pemberdayaan Kabupaten Gowa ini menjelaskan bahwa hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah aspek Kelembagaan.

“Dimana perlunya peningkatan pemberdayaan kapasitas masyarakat bagi kader AMPL, KPSPAMS/KKM, terpenuhinya unsur terkait kesetaraan gender, keterlibatan kelompok miskin dalam kegiatan serta keterlibatan disabilitas,” katanya.

“Kedua aspek Sosial dimana seluruh pelayanan sarana air minum dan sanitasi yang ada harus bisa di akses oleh seluruh lapisan masyarakat. Ketiga aspek Teknis dimana sistem pelayanan air minum di masyarakat harus secara kontinyu, tersedianya tenaga teknis yang terlatih serta adanya sistem perencanaan yang baik. Ke empat aspek keuangan dimana tersedianya pendanaan untuk dapat memenuhi kebutuhan untuk operasional, pemeliharaan dan perbaikan sarana,” lanjut Arsyam.

Kegiatan Lokalatih ini di ikuti 10 orang peserta perwakilan tim Pamsimas Kabupaten Gowa yang terdiri dari 1 orang Senior Fasilitator (Babullah, ST), 3 orang Fasilitator Teknik ( Hidriasyah Idhan Akbar, ST., Siska Widyastuti, ST., Faisal Syarief, ST) serta 6 orang Fasilitator Pemberdayaan (Sunarti, ST., MT., Hirawati Hasanuddin, SKM., M.Kes., Irmayanti, SE., Amiruddin, ST., Taslim Azis, ST., Muhammad Arsyam, S.Pd.I., M.Pd.).

Tinggalkan Komentar