DPPKB Bontang Berikan Tips ke Orang Tua untuk Mendidik Anak Agar Berpuasa Sejak Dini

DPPKB Bontang Berikan Tips ke Orang Tua untuk Mendidik Anak Agar Berpuasa Sejak Dini.

Bontang, PANRITA.News – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat suci bagi kalangan umat muslim. Salah satu keutamaan dalam bukan Ramadhan ialah berpuasa.

Puasa di wajibkan untuk manusia yang sudah masuk umur baligh, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengajarkan puasa kepada anak-anak usia kecil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bahtiar Mabe, menyampaikan tips kepada orang tua untuk mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya orang tua, menanamkan nilai kebaikan dan menyampaikan ilmu saat sedang berpuasa. Ketika telah di sampaikan maka anak akan selalu mengingat amalan apa yang harus dilakukan ketika sedang berpuasa,” kata Bahtiar Mabe saat ditemui awak media, Kamis (22/4/2021) lalu.

Selanjutnya pihaknya menyampaikan ada 6 cara dalam mengajarkan anak untuk berpuasa antara lain :

1.Memberikan contoh puasa pada anak;

  1. Memulai secara bertahap, dengan tidak memaksa untuk langsung berpuasa secara penuh, dan selalu mengajak berbuka puasa walaupun anak tidak sedang berpuasa;
  2. Melakukan kegiatan menyenangkan/favorit anak sambil menunggu waktu berbuka;
  3. Memastikan nutrisi anak tercukupi;
  4. Memberikan penghargaan terhadap apapun pencapaian anak;
  5. Menjalankan konsep sederhada pentingnya berpuasa.

Itulah enam cara mendidik anak untuk berpuasa. Tingkatkan pengetahuan agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Kerjasama dan selalu tingkatkan kesadaran baik kepada anak, dengan menyampaikan keunggulan dalam berpuasa kepada anak,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar