Peringati Hari Kartini, DPPKB Bontang Beri Pelayanan KB Gratis

Peringati Hari Kartini, DPPKB Bontang Beri Pelayanan KB Gratis.

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, dalam menyambut hari Kartini tahun 2021 menyelenggarakan pelayanan KB gratis.

Hal tersebut dilakukan secara serentak untuk seluruh masyarakat melalui fasilitas kesehatan yang ada di Bontang.

Kepala DPPKB Bahtiar Mabe melalui Kepala Seksi (Kasi)Jaminan dan Pelayanan KB Nurbaya mengatakan, program ini berjalan sesuai dengan intruksi surat dari BKKBN Kaltim nomor: 3182/KB.09.02/J3/2021, tentang pelayanan KB gratis secara serentak memperingati hari Kartini.

“Pelaksanaan KB gratis dilakukan di 45 faskes, Masing-masing faskes ada 5 penerima, target pertumbuhan hari ini ada 225 penerima seluruh kota Bontang,” kata Nurbaya saat ditemui Awak media, Rabu (21/4/2021).

Ia menambahkan pertumbuhan penduduk yang sekarang ini mulai merangkak naik. Untuk itu, perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya, sehingga bisa seimbang dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Program KB selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak. Diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga, sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,” sambungnya.

Selanjutnya program ini akan berakhir pada pukul 23.55 Wita. Nantinya setiap fasilitas kesehatan yang telah memenuhi kuota penerima diharapkan untuk mengisi di aplikasi statistik rutin serta SIGA BKKBN.

“Karena faskes jam pelayanan ya tidak serentak maka untuk pelaporanya bisa sampai pukul 23.55 Wita, program KB geratis akan terus berlanjut di setiap momentum yang telah dijadwalkan, semoga masyarakat tetap sadar dan mau mengikuti program yang ditawarkan saat ini,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar