DPPKB Bontang Dorong Peningkatan Keluarga Melalui Program UUPKS

Kepala DPPKB Bontang, Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang tingkat kesejahteraan masih perlu di tingkatkan. Persoalan tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal mewadahi setiap kapasitas sumber daya manusia yang memadai. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya dimulai dari keluarga.

Kepala DPPKB Bontang, Bahtiar Mabe, ditengah pandemi Covid-19, cukup banyak persoalan yang dihadapkan oleh masing-masing Keluarga. Salah satunya ialah Pemutusan Hubungan Kerja, ditambah lagi kebutuhan pangan yang juga ikut meningkat.

“Tingkat stabilisasi ekonomi ditengah pandemi ini cukup merosot, belum lagi berapa kepala keluarga yang harus kehilangan mata pencaharianya,” kata Bahtiar beberapa waktu yang lalu.  

Permasalahan yang bertumpuk mengakibatkan psikologis masyarakat juga ikut terdampak.

“Upaya yang saat ini dilakukan ialah menumbuhkan kerjasama keluarga untuk bekerja sama, saling suport dan menyemangati. Upaya program pemerintah dalam bentuk bantuan sosial juga tengah dilakukan,” sambungnya.

Dia menambahkan, upaya tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) bertujuan,Mengajak keluarga aktif bergerak dalam ekonomi produktif, Mensosialisasikan pengelolaan keuangan keluarga, Meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga
Mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera

Hal tersebut penting, ungkapnya, karena sesuai UUD No 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Pasalnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan.

“Karena, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan UPPKS dalam meningkatkan kemampuan setiap keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup keluarganya masing-masing,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar