Dewan Pertanyakan Tak Ada Rambu Soal Beban Sumbu di Ruas Jalan Bontang Lestari

Bontang, PANRITA.News – Ketua Komisi III DPRD Kota Bontang Amir Tosina mempertanyakan, Soal tidak adanya Rambu beban sumbuh maksimal di ruas jalan Soekarna Hatta.

“Ini saya liat dari ujung, sepanjang jalan Soekarno Hatta ke arah Kantor DPRD tidak terliat Rambu,soal maksimum beban sumbuh,” Ungkap Amir.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, menggelar terkait Kualitas jalan di kawasan kelurahan Bontang Lestari, di Gedung Sekretariat DPRD, Senin, (19/2021)

Amir tosina memperjelas keberadaan Rambu itu, setelah mendengar penjelasan Kepala Bidang (kabid) Bina Marga Dinas PUPR, Bina Antasariasyah soal beban peruntukan jl. Soekarno Hatta Maxmimum 8 Ton.

“Yang saya lihat ini pak Bina selama ini, kalau kita sudah tahu kekuatan jalan Soekarno Hatta 8 Ton, ini kewenangan Dinas Siapa untuk pasang Rambu pak.” Jelasnya

Menurut Amir, tidak adanya Rambu sumbu beban maksimum tertentu, menjadi celah bagi pengendara Truck yang tonasenya melebihi berat yang diperbolehkan.

“Dia seenaknya saja, masuk tanpa beban, Padahal secara pengamatan langsung, mobil muatan cpo dapat mencapai 10,” ungkap politisi Gerindra ini

Untuk diketahui, Rambu lalu lintas larangan adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang dilarang untuk dilakukan oleh pengguna jalan.

Rambu ini termasuk rambu larangan. Digunakan untuk memberitahukan pengguna jalan bahwa di area tertentu kendaraan bermotor dengan beban sumbu sama atau lebih dari 8 ton dilarang masuk.

Usai memimpin Rapat, Amir juga menyinggung Jembatan Timbang guna memberikan sistem inormasi pengawasan kendaraan angkutan barang dan penentuan pelanggaran muatan lebih.

“Ini jelas peruntukannya, bagaimana kita tau bahwa mobil ini tonasenya lebih, jika tidak ada alat ukur.”

Ketua Komisi III Amir Tosina kembali Mengingatkan, agar pemerintah mengambil langkah preventif guna mencegah Rusaknya Ruas jalan di Bontang.

“Jangan nanti jalannya sudah rusak parah, baru kita lagi yang memberpaiki,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar