Tekan Kenakalan Remaja, DPPKB Bontang Dorong Rutinitas PIK-R di Tengah Pandemi

Kepala DPPKB Kota Bontang, Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ikut dalam mengurangi potensi membeludak nya kenakalan remaja di tengah pandemi covid-19.

Disampaikan oleh Kepala DPPKB Bontang Bahtiar Mabe, pentingnya edukasi dikalangan remaja lewat Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang berada di masing-masing Sekolah.

Keterlibatan PIK-R, dapat meningkatkan pemahaman para remaja agar terhindar dari pengaruh negatif. 

“Edukasi penting dilakukan, saat ini, peran PIK-R di setiap sekolah ditengah pandemi harus lebih di gencarkan, contohnya dengan rutin memerikan semangat sesama teman sebayanya untuk semangan belajar meski tidak tatap muka,” ungkap Bahtiar Saat ditemui Awak media Kamis (15/4/2021).

Nantinya aktivitas tersebut dapat menekan angka prilaku negatif bagi remaja. Seperti tiga zero yaitu, narkoba, pernikan dini, pergaulan bebas dan lainnya.

“saat ini hampir sekolah di Bontang telah memiliki ruang konseling, karena menurut data bahwa remaja akan asik mencurahkan permasalahan nya dengan teman sebayanya,” sambungnya.

Sebelum ada Pandemi pihaknya aktif menggelar pelatihan PS (Pendidik Sebaya) dan KS (Konselor Sebaya) dengan diikuti perwakilan setiap PIK-R. Peserta yang telah mengikuti pelatihan selanjutnya menjadi konselor sebaya bagi para remaja lainnya.

Selain itu, kader PIK-R juga membuat program-program terkait dengan hal-hal tersebut dengan tetap berkoordinasi dan di bawah binaan DPPKB Bontang dan ada juga program life skill.

“Bukan hanya sekedar penyuluhan namun juga diajari, diarahkan untuk melakukan kegiatan positif, mengembangkan bakat dan keterampilan masing-masing,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar