Ingat! Kafe yang Putar Lagu Orang Wajib Bayar Royalti

Jakarta, PANRITA.News – Kafe ataupun kegiatan lain yang memutar lagu milik orang lain untuk keperluan komersil kini wajib membayar royalti kepada pemilik lagu.

Hal itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, 30 maret lalu.

“Untuk memberikan pelindungan dan kepastian hukum terhadap Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan pemilik Hak Terkait terhadap hak ekonomi atas lagu dan/atau musik serta setiap Orang yang melakukan Penggunaan Secara Komersial lagu dan/atau musik dibutuhkan pengaturan mengenai Pengelolaan Royalti Hak Cipta lagu dan/atau musik,” demikian bunyi pertimbangan PP 56/2021, sebagaimana dikutip dari Kompas.

Dalam pasal 3 dijelaskan, kewajiban pembayaran royalti oleh semua orang yang menggunakan lagu atau musik secara komersil dalam bentuk layanan publik kepada pencipta, pemegang hak cipta, atau pemilik hak.

“Setiap orang dapat melakukan Penggunaan Secara Komersial lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan membayar Royalti kepada Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan/atau pemilik Hak Terkait melalui LMKN,” bunyi dalam ayat 1 pasal 3,”

Selain itu, dalam pasal 3 ayat 2, telah diatur 14 tempat dan jenis kegiatan yang akan dikenakan royalti terhadap sebuah karya cipta diantaranya, Seminar dan konferensi komersial, Restoran, kafe, pub, bar, bistro, kelab malam, dan diskotek.

Tinggalkan Komentar