Komisi III DPRD Bontang Sidak Lembah Permai Terkait Longsor

Amir Tosina, Ketua Komisi 3 DPRD Bontang.

Bontang, PANRITA.News – Menindaklanjuti laporan keluhan pihak Hotel Grand Mutiara Bontang terkait bahaya longsor di kawasan belakang bangunan hotel, Komisi 3 DPRD Bontang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Jalan Arief Rahman Hakim KM.3, Bontang Barat, Kelurahan Belimbing, Selasa (2/3/2021).

Kondisi Retaining wall atau Dinding Penahan, saat ditinjau terlihat Retak dan bergesernya beberapa balok bagian dari dinding akibat beban dan akar tumbuhan yang rapat. Selain akibat tergerus air hujan, Kekhwatiran pihak pengelolah Karena sering terjadi Hujan.

“Dari hasil peninjauan ini diketahui bahwa kerusakan disebabkan oleh amblasnya tanah di akibatkan rambatan akar dan rambatan pohon ke dinding penahan,” kata Amir Tosina, Ketua Komisi 3 DPRD Bontang saat ditemui wartawan.

Diketahui bahwa panjang dinding penahan keseluruhan mencapai 300 meter. Sementara yang terkena dampak longsor hampir setengah dari panjang keseluruhan, yaitu 120 meter.

Dia menambahkan, untuk membantu permasalahan ini, Komisi III dalam sidak mengajak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bontang, untuk bersama sama mencari solusi terbaik.

Sementara kepala dinas Pupr Tavip Nugroho yang ikut dalam Sidak bersama Komisi III menjelaskan, jika dinding penahan cukup kuat karena tertanam tiang pancang, Namun akan melakukan beberapa perbaikan termasuk membersihkan tanah yang menumpuk dan pohon yang akarnya merambat hingga ke dinding.

“dulunya kan ini (lokasi sidak) taman parkir, Masalahnya cuma tidak terawat saja, Jadi kita harus bersihkan dulu bagian yang longsoran sama pohon yang besar,” kata Tavip saat ditemui wartawan

Menurutnya kekuatan dinding penahan struktur nya sudah cukup kuat dan statis dan tidak akan melakukan pembokaran, Namun ada beberapa pekerjaan yang perlu di lakukan.

“Sebenarnya dindingnya ini kuat, cuman dorongan dari pohon-pohon ini sehingga dia miring akibatnya longsor, nanti kita buatkan Lubang air dititik tertentu agar tidak membebani dinding,” pungkasnya

Tinggalkan Komentar