Gempa 4,2 Magnitudo Kembali Guncang Majene Sulbar

Ilustrasi gempa bumi.

Ilustrasi gempa bumi.

Majene, PANRITA.News – Gempa berkekuatan 4,2 magnitudo kembali mengguncang Majene, Sulawesi Barat pada Senin (18/1/2021) pukul 11.11 WIB atau 12.11 WITA.

Guncangan akibat gempa ini terasa hingga Kabupaten Mamuju.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik gempa berada di 16 kilometer Timur Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG menyatakan gempa ini dirasakan dalam skala MMI II di Mamuju. Artinya, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun menurut pantauan BMKG, rentetan gempa dengan kekuatan yang rendah memang kerap terjadi. Tercatat, sudah 38 kali gempa yang terjadi di Majene-Mamuju.

“Hasil monitoring BMKG terhadap aktivitas gempa Majene-Mamuju hingga Senin 18 Jan 2021 pagi pukul 08.00 WIB (hari ke-5) tercatat 38 kali gempa,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Daryono, seperti dikutip dalam Twitternya, Senin (18/1/2021).

Ia menambahkan, rentetan gempa berkekuatan rendah ini diharapkan menjadi suatu pertanda yang baik.

“Melihat produktivitas gempa susulan yang rendah, kita berharap ini menjadi pertanda baik meskipun kita tetap waspada,” tutupnya.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini.

Tinggalkan Komentar