WHO: Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir di Dunia

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

PANRITA.News – Virus corona atau Covid-19 diyakini tidak akan menjadi pandemi terakhir di Dunia.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Ia juga menegaskan, upaya meningkatkan kesehatan manusia akan percuma jika tidak dibarengi aksi mengatasi perubahan iklim serta pelestarian hewan.

Lebih lanjut, Tedros juga mengecam pandangan sempit dan berbahaya yang lebih memilih menggelontorkan uang untuk menangani wabah sekarang, tapi tidak bersiap untuk mengatasi wabah berikutnya.

Menurut Tedros, dunia sudah waktunya belajar dari pandemi Covid-19.

“Sudah terlalu lama, dunia beroperasi dalam siklus kepanikan dan pengabaian,” ujar Tedros dalam pesan video memperingati Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional pada Minggu (27/12/2020), seperti dikutip dari AFP.

“Kita mengeluarkan uang saat terjadi wabah, dan ketika sudah berakhir, kita melupakannya dan tidak melakukan apa pun untuk mencegah wabah berikutnya.”

“Ini sangat picik, dan terus terang sulit dipahami,” lanjutnya.

“Sejarah mengajari kita ini bukan pandemi terakhir, dan epidemi adalah fakta kehidupan.”

“Pandemi telah menyoroti eratnya hubungan antara kesehatan manusia, hewan, dan planet.”

“Setiap upaya meningkatkan kesehatan manusia akan gagal, kecuali mereka mengatasi hubungan kritis antara manusia dan hewan, serta ancaman perubahan iklim yang membuat Bumi kita kurang layak huni,” imbuh Tedros.

Tedros mengatakan semua negara harus berinvestasi dalam kapasitas kesiapsiagaan untuk mencegah, mendeteksi dan mengurangi segala jenis keadaan darurat. Ia juga menyerukan penyediaan perawatan kesehatan primer yang lebih kuat.

“Dengan investasi dalam kesehatan masyarakat, kita dapat memastikan anak-anak generasi penerus mewarisi dunia yang lebih aman, lebih tangguh, dan berkelanjutan,” kata Tedros.

Tinggalkan Komentar