Dari Hobi, Nurdin Abdullah Panen Nenas dan Salak

Dari Hobi, Nurdin Abdullah Panen Nenas dan Salak.

Makassar, PANRITA.News – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, memiliki hobi berkebun. Ia biasanya menyalurkan hobinya di akhir pekan atau di sela kunjungan kerjanya, di Kabupaten Bantaeng dan Soppeng.

Minggu, 6 Desember 2020, di Kampung Kaccidu, Bantaeng, ia melakukan panen nenas dan juga salak. Di kebun seluas dua hektare ini, berbagai jenis durian, manggis, rambutan dan lengkeng, yang akan dipanen pada bulan Februari mendatang, tumbuh dengan subur.

“Coba lihat nenas del monte, ini gede dan manis, organik, masih hijau saja sudah manis,” kata Nurdin.

Sebelum masa jabatannya sebagai Bupati Bantaeng berakhir, ia melakukan peremajaan di kebun ini. Ia ingin agar sebagai negara agraris, bertani dan berkebun tidak ditinggalkan, termasuk memanfaatkan lahan untuk ditanami tanaman bernilai ekonomi.

“Saya kira tidak ada alasan untuk menelantarkan lahan kita. Lahan ini adalah modal utama kita orang Indonesia sebagai negara agraris. Karena tidak ada orang yang menunda makan. Selama hayat masih dikandung badan, pasti butuh pangan,” tuturnya.

Sementara terkait hobinya dan digeluti dengan rutin, ia ingin menjadi contoh bagi masyarakat, yang ingin melihat contoh nyata termasuk dari pemimpinnya.

“Kalau seorang pemimpin daerah yang melakukan, pasti mereka lihat. Bahwa sebagai bupati, wali kota, gubernur saja mau berkebun. Karena kita sebagai negara agraris, unggulan kita adalah sektor pertanian. Jadi jangan kita sia-siakan lahan kita sejengkal pun,” tagasnya.

Dalam pandangannya, masyarakat Indonesia bisa sejahtera dari pertanian selama mau berusaha, belajar, membuka wawasan dan menimba ilmu.

“Kalau kita menanam sekarang, tiga tahun kemudian kita tinggal panen terus. Yang penting pemupukan dan pemangkasan dijaga. Kedua, hindari penggunaan pestisida, lebih banyak menggunakan organik. Hasilnya juga pasti lebih baik,” pungkasnya. 

Tinggalkan Komentar