Wagub Sulsel Ingin Wujudkan Selayar Daerah Wisata Andalan

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berkomitmen untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat menyampaikan sambutannya secara virtual pada Peringatan Hari Jadi ke 415 Kabupaten Kepulauan Selayar, Minggu, (29/11/2020).

Peringatan hari jadi dilaksanakan melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Selayar yang dipimpin oleh Ketua DPRD Selayar Mappatunru, yang juga dihadiri oleh Pjs Bupati Kepulauan Selayar Asriady Sulaiman. Hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar kali ini mengangkat tema Mewujudkan Selayar Sebagai Daerah Kunjungan Wisata Andalan Sulawesi Selatan.

Wagub Andalan akronim dari nama Andi Sudirman Sulaiman hadir secara virtual dengan mengenakan pakaian adat Bugis Makassar. Menurut Wagub Sulsel, Selayar merupakan wilayah kepulauan dengan potensi yang besar. Bahkan menjadi salah satu daya tarik wisata menuju destinasi wisata andalan Sulsel.

Ia menegaskan komitmen bersama terus memajukan Selayar, dengan menjadikan sebagai bagian dari program strategis provinsi.

“Provinsi terus membangun infrastruktur jalan, pertanian jeruk khas Selayar, perikanan dan kelautan, kebutuhan dasar kepulauan dan wisata, termasuk menggodok Selayar dalam penetapan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sinergitas terus akan terbangun demi Selayar yang maju dan lebih baik,” ungkapnya.

Ia menuturkan, program KEK di Kepulauan Selayar sementara dikaji. “Salah satunya yang saya inginkan dapat diwujudkan, Selayar sebagai lokasi wisata Andalan Sulsel,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sulsel, lanjutnya, terus mendesak dan mendorong terselesaikannya sejumlah masalah yang dihadapi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. Khususnya soal listrik di wilayah kepulauan.

“Pemerataan keadilan pembangunan harus ditegakkan sesuai sila ke 5 Pancasila. Pelayanan dasar di kepulauan harus terjamin, terutama pendidikan dan kesehatan,” tegas Andi Sudirman Sulaiman.

Dirinya bersama Gubernur Sulsel terus mendorong bagaimama masyarakat Kepulauan Selayar mendapatkan prioritas pelayanan dasar. Pelayanan dasar kelistrikan, mendorong telekomunikasi, sistem air minum yang ada di kepulauan.

Program harus fokus dan tajam ke masyarakat, seperti halnya di Pemprov Sulsel. Program telah dirampingkan, sehingga program menjadi efektif dan efesien.

“Komunikatif dan bersinergi antar seluruh pemangku kebijakan sangat diperlukan untuk mewujudkan keadilan pembangunan bagi masyarakat Selayar. 415 tahun bukan umur yang sangat singkat, dengan umur tersebut harus mampu memajukan Kabupaten Kepulauan Selayar,” tambahnya

Sementara, Pjs Bupati Kepulauan Selayar, Asriady Sulaiman, melaporkan kondisi dan potensi Kabupaten Kepulauan Selayar. Mencermati kondisi dan potensi wilayah tersebut, ia mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan diperhadapkan terhadap berbagai tantangan sekaligus sebagai peluang untuk dikembangkan wilayah yang dihuni oleh penduduk yang tersebar di setiap pulau.

Dikemukakan, sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Sulsel, serta berangkat dari ketersediaan potensi sumber daya alam yang mumpuni, maka Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah memilih bidang kepariwisataan dan bidang kelautan serta perikanan sebagai lokomotif pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat. “Pengembangan bidang ini diharapkan menjadi pengungkit perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan untuk jangka menengah dan jangka panjang, diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi, baik pada tingkat Provinsi Sulsel maupun pada tingkat nasional.

Menyinggung soal RPJMD Sulsel, KEK Pariwisata Selayar diproyeksikan dapat menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulsel, yang diharapkan dapat memberikan multiplier effect economi dan memberikan kontribusi peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah dan provinsi. 

Tinggalkan Komentar