Ditetapkan Kembali Jadi Lokasi Karantina, Dinkes Bontang Siapkan Nakes di Hotel GM

Hotel Grand Mutiara (GM) atau eks Hotel Oak Tree yang berlokasi di Jl Arief Rahman Hakim Kilometer 3, Kelurahan Belimbing.

Bontang, PANRITA.News – Hotel Grand Mutiara (GM) atau eks Hotel Oak Tree yang berlokasi di Jl Arief Rahman Hakim Kilometer 3, Kelurahan Belimbing sudah difungsikan kembali oleh Pemkot Bontang sebagai fasilitas khusus karantina. Hal ini berlaku sejak Selasa (10/11/2020) lalu.Hal ini disampaikan Pjs Wali Kota Bontang, Riza Indra Riadi.

Dirinya memaparkan, selain diperuntukkan bagi mereka yang kontak erat dengan pasien Covid-19, lokasi karantina ini juga akan digunakan untuk Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena menurutnya, tidak ada yang bisa menjamin OTG tersebut benar-benar disiplin dalam menjalanan isolasi mandiri di rumah.

Ditanya soal proses negosiasi yang sebelumnya sempat mengalami kendala antara Pemkot dan pengelola hotel, Pjs Riza mengakui tak menguasai pasti teknisnya. Namun dirinya bisa memastikan proses negosiasi tersebut telah menemukan kesepakatan dan hotel bisa digunakan kembali untuk lokasi karantina. Diketahui, April 2020 lalu hotel ini juga dijadikan tempat karantina. Khususnya bagi orang dalam status kontak erat dengan pasien. Sembari menunggu hasil swab PCR keluar. Hal ini pun akan kembali dilakukan Pemkot termasuk kepada para OTG di Kota Taman.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bontang, dr Bahauddin telah menyiapkan sejumlah tenaga medis (nakes) di Hotel GM. Tenaga kesehatan yang direkrut berjumlah 15 orang. Rinciannya, dokter umum empat orang, perawat delapan orang, ahli gizi satu orang, dan tenaga kesehatan lingkungan satu orang. Tenaga kesehatan itu bakal tetap tinggal di lokasi rumah karantina selama proses tugas berlangsung. “Fasilitas karantina ini bakal tetap berfungsi. Meskipun angka kasus aktif terus mengalami penurunan,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar