Pemkot Makassar Ubah Truk Sampah Jadi Bus Wisata

Pemkot Makassar Ubah Truk Sampah Jadi Bus Wisata

Pemkot Makassar Ubah Truk Sampah Jadi Bus Wisata.

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Kota Makassar akan menyulap truk sampah Tangkasaki menjadi bus wisata yang akan digunakan secara gratis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said, menuturkan modifikasi truk tersebut akan segera dilakukan.

Hal itu, kata Mario, berdasarkan instruksi dari Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Kendati demikian, kekhawatiran terkait tak layaknya kondisi kendaraan truk sampah untuk memuat wisatawan tetap ada. Untuk itu, Mario mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Menurutnya, truk sampah Tangkasaki yang umumnya digunakan mengangkut sampah memiliki kondisi yang layak. Rencananya, sebanyak 3 truk sampah akan dimodifikasi.

“Saya kira pasti dilihat memang kondisi mobil sampah yang bagus, kan mobil sampah yang Tangkasa itu kan lumayan bagus. tapi itu mungkin itu baru mau dicoba dulu 3 dulu,” ujar Mario, Senin, 31 Agustus 2020.

Kapasitas pengangkutan truk untuk manusia, kata Mario, mampu mengangkut sekitar 20 orang. Terlebih, kata dia, bisa menampung lebih banyak bila fasilitas untuk penumpang yang berdiri pun disediakan.

“Kapasitasnya kalau bus bus 3/4 kan paling 22-24, begitu truk sampah, sekitar itu, tapi kan ada yang duduk, ada yang berdiri kalau memang begitu,” imbuhnya.

Sementara untuk penyediaan bus wisata lainnya, Mario menyebutkan terdapat 2 kendaraan bantuan.

Ini berasal dari Pemprov Sulsel yang didapatkan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Mungkin ada dulu 2, dari provinsi. Bukan Damri, ada bantuan dari kementerian, bukan BRT karena BRT itu Damri. Ini langsung dari kementerian,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar