Nantikan Simposium Tunas Cendekia Indonesia Masika ICMI

Simposium Tunas Cendekia Indonesia Masika ICMI

Simposium Tunas Cendekia Indonesia Masika ICMI.

Makassar, PANRITA.News – Pengurus Nasional Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (Masika ICMI) terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan keilmuan di Indonesia. Diantaranya melalui pembentukan ekosistem keilmuan sejak di pendidikan dasar.

Melalui Simposium Tunas Muda Cendekia Indonesia, Pengurus Nasional Masika ICMI akan mengumpulkan kaum muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sesuai rencana, agenda tersebut akan dilangsungkan pada bulan Oktober mendatang. Sejak 2018, Pengurus Nasional Masika ICMI memprogramkan Akademi Tunas Cendekia Indonesia sebagai ikhtiar mendorong dan mewadahi siswa dan juga mahasiswa, terutama strata satu (S1).

Pengurus Masika ICMI, Adj. Prof Dr Ismail Suardi Wekke menjelaskan bahwa agenda kali ini, pihaknya akan mengundang para pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, khsusus S1.

“Simposium Tunas Cendikia ini dalam rangka memberikan ruang ekspesi berakademik bagi pelajar dan Mahasiswa,” ujar Ismail kepada Panrita.news, Kamis (20/8/2020).

Menurut Dosen IAIN Sorong ini, pelajar dan mahasiswa di Indonesia masih sangat diperlukan untuk beakselerasi di Bidang akademik.

“Namun demikian, bukan berarti ruang eksperi akademik pelajar dan mahasiswa ini belum ada, akan tetapi masih perlu akselerasi dan dorongan yang lebih kuat agar bisa maksimal,” katanya.

Selain itu, Simposium ini nantinya juga akan berusaha mendorong tunas-tunas cendekia untuk saling mendukung atau mensupport dengan mengendapkan sistem kolaborasi dan sinergitas.

“Melalui kegiatan ini, pula kami terus berupaya untuk mendorong ekosistem keilmuan bagi remaja di Indonesia. Dan tak hanya itu, dengan sistem berkolaborasi dan sinergitas dengan semakin banyak orang dan semakin banyak pihak yang terlibat maka untuk mewujudkan apa yang cita-citakan bagi Indonesia, InsyaAllah akan mudah dicapai,” pungkasnya.

Melalui kegiatan ini pula, Ismail mengatakan bahwa Masika ICMI akan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti DDI yang mengelola 12 perguruan tinggi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Akademi Ilmuwan Indonesia (ALMI) dan dari 5 perguruan tinggi yang dikelola Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Tanah Papua.

Tinggalkan Komentar