Peduli Masamba, Rachmat Gobel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang

Rachmat Gobel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu Utara.

Rachmat Gobel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu Utara.

Makassar, PANRITA.News – Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan yang dikirim langsung tim relawannya diperuntukkan bagi korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Setelah melihat kejadian di media, pak Rahmat Gobel langsung meminta tim  segera menyalurkan bantuan bagi korban yang ada di lokasi bencana. Bantuan ini merupakan tahap kedua, setelah tahap pertama disalurkan,” ujar staf ahli, Rahmat Gobel, Miksan Yapanto di posko setempat, Kabupaten Gowa, Rabu, (22/7/2020).

Ia mengatakan, penyaluran bantuan tersebut dipercayakan oleh Andi Yuslim Patawari selaku ketua tim relawan untuk mengkoordinir bantuan sampai di lokasi bencana. Untuk bantuan tahap pertama dan sudah sampai berupa obat-obatan, pakaian serta makanan bagi pengungsi.

Selanjutnya, untuk tahap dua didistribusikan tandon untuk wadah air bersih yang diperlukan bagi pengungsi, pembalut, selimut, makanan kaleng dan beberapa barang lainnya yang dibutuhkan masyarakat agar bisa beraktivitas kembali. Bantuan yang disalurkan sesuai kebutuhan dan permintaan dari posko pengungsian.

Ditanyakan apakah penyaluran bantuan ini akan berkesinambungan, kata dia, tetap dilanjutkan sembari melihat kondisi. Untuk kehadiran Rachmat Gobel akan turun ke lokasi bencana, masih dicarikan waktu yang tepat serta melihat perkembangan terbaru.

Sementara itu, Koordinator Relawan Rachmat Gobel, Andi Yuslim Patawari menyebut, bantuan tahap dua ini disalurkan 10 buah tandon, ratusan selimut, pembalut dan makanan kaleng. Selain itu, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, pihaknya juga mendistribusikan masker.

“Masker ada seribu kita kirim kesana untuk dibagikan kepada warga terdampak.  Saya juga meminta agar seluruh tim relawan tidak terburu-buru mengantar bantuan dan setiba di lokasi agar mematuhi protokol kesehatan Covid, selain menjaga diri juga tidak menyusahkan orang yang ada disana,” paparnya kepada wartawan.

Mengenai jumlah bantuan yang dikirimkan ke lokasi bencana, kata dia menambahkan, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari posko penanganan bencana di Luwu Utara. Ia pun terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait dengan distribusi bantuan kemanusiaan apa saja yang dibutuhkan.

“Koordinasi terus kita lakukan dengan Pemda serta tim penanganan bencana disana, jangan sampai distribusi logistik yang disalurkan ini salah sasaran. Ini adalah misi kemanusiaan dan sudah sepatutnya kita saling membantu satu sama lain dikala terjadi musibah,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar