Tito Karnavian Sarankan Ballo Diolah Jadi Hand Sanitizer di Sulsel

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Makassar, PANRITA.News – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (8/7/2020).

Selain rapat terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, Tito Karnavian menyinggung soal penanganan Covid-19.

Salah satunya, Tito Karnavian menyarankan agar minuman keras (miras) jenis ballo asal Sulsel diolah menjadi hand sanitizer di tengah pandemi Covid-19

Tito mengatakan, banyak ballo di Sulsel yang disita polisi dan dapat dimanfaatkan untuk hand sanitizer.

“Banyak ballo di Sulsel yang disita polisi kan, nah itu dapat dimanfaatkan untuk hand sanitizer,” katanya.

“Saya tadi ngobrol sama Pak Gubernur, ‘Pak Gub, di sini kan banyak sekali ballo, ballo itu kan ditangkapi (disita) polisi, ditampung saja oleh kepala daerah, seperti arak Bali itu ditampung mereka dipakai kerjasama dengan universitas, Balai POM, kemudian diubah menjadi hand sanitizer,” kata Tito saat Rakor Pilkada Serentak Sulsel 2020 di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Rabu (8/7/2020).

Tito mengatakan ballo yang disita polisi dari masyarakat masih harus diolah untuk menjadi hand sanitizer.

Namun, menurut dia, kandungan alkohol harus diatas 65 persen dan diracik dalam bentuk hand sanitizer untuk mematikan virus.

“Karena ballo itu baru 30 persen-40 persen, namun yang bisa membunuh itu 70 persen. yah ditambahkan baru kemudian dikasih label,” jelas Tito.

Tinggalkan Komentar