Donald Trump Umumkan AS Akhiri Hubungan dengan WHO

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (AP Photo/LM Otero)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (AP Photo/LM Otero)

PANRITA.News – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa AS kini mengakhiri hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Trump menyebut bahwa badan kesehatan PBB itu gagal berbuat untuk memerangi penyebaran awal virus Corona.

“Karena mereka telah gagal melaksanakan apa yang diminta dan membutuhkan reformasi yang sangat besar, kami pada hari ini akan memutus hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan mengalihkan anggaran ke belahan dunia lain yang lebih layak dan kesehatan publiknya lebih membutuhkan,” kata Trump Jumat (29/5/2020), seperti dilansir dari laman CNN.

Ia juga menyatakan bahwa dunia membutuhkan sikap transparan dari China terkait penyebaran virus yang terjadi. Pada saat yang bersamaan, Trump mengancam bahwa AS akan melancarkan balasan atas apa yang dilakukan China – memicu memburuknya krisis hubungan AS-China.

Trump awalnya membekukan pendanaan untuk WHO sebulan lalu, setelah menuduh badan kesehatan dunia itu melakukan salah urus atas pandemi Corona.

Kemudian 10 hari lalu, dia menuduh WHO menjadi boneka China, dan menyatakan pembekuan dana ke WHO akan bersifat permanen jika badan tersebut tidak melakukan perbaikan besar.

Trump pun kembali menyalahkan China atas pandemi Corona yang telah menewaskan ratusan ribu orang di dunia, termasuk lebih dari 100 ribu orang di AS.

“Dunia membutuhkan jawaban dari China tentang virus ini. Kita harus memiliki transparansi,” ujar Trump.

“Dunia sekarang menderita sebagai akibat dari penyimpangan pemerintah China,” kata Trump.

Tinggalkan Komentar