Bayi Positif Virus Corona Berhasil Sembuh

Salah satu bayi di Thailand yang memakai perisai pelindung wajah. Foto: Facebook/Paolo Hospital Samutprakarn

Salah satu bayi di Thailand yang memakai perisai pelindung wajah. Foto: Facebook/Paolo Hospital Samutprakarn

Seorang bayi berusia satu bulan di Thailand yang sebelumnya dinyatakan positif corona dinyatakan sembuh oleh dokter.

Dokter anak, Visal Moolasart yang merawat bayi tersebut di Bamrasnaradura Infectious Disease Institute di Bangkok, Thailand mengatakan, pasien Covid-19 termuda di Thaiand ini menjalani perawatan selama 10 hari, dan diberikan kombinasi empat obat antivirus.

“Strategi yang digunakan untuk merawat anak ini adalah memberinya obat selama 10 hari,” ujarnya seperti dikutip Reuters.

“Kami melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien setiap hari, dan tiga sampai lima hari setelah itu, (hasil pemeriksaan) sinar-X menunjukkan tanda-tanda pemulihan bertahap,” lanjutnya.

Menurutnya, merawat bayi di bawah satu tahun menjadi tantangan tersendiri karena ada batasan dalam pemberian obat-obatan tertentu.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan daftar obat mana saja yang akan diberikan, tim dokter berkonsultasi kepada para ahli di bidang farmasi.

Visal menambahkan, dari beberapa kasus yang pernah ditanganinya, gejala infeksi virus corona SARS-CoV-2 pada anak-anak cenderung lebih ringan daripada yang dialami orang dewasa.

Tinggalkan Komentar