Bupati Barru Distribusikan Bantuan Sembako Tahap Awal ke Tujuh Kecamatan

Bupati Barru, H Suardi Saleh mulai menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga kurang mampu ke tujuh kecamatan

Bupati Barru, H Suardi Saleh mulai menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga kurang mampu ke tujuh kecamatan, Rabu 22 April 2020.

Barru, PANRITA.News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru mulai menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga kurang mampu ke tujuh kecamatan, Rabu 22 April 2020.

Bantuan tahap awal ini diserahkan ke para camat untuk selanjutnya didistribusikan melalui kelurahan dan desa ke warga yang berhak menerima. Bantuan ini berisi beras, telur, mie instan, dan kebutuhan lainnya.

Untuk tahap pertama ini, bantuan yang didistribusikan sebanyak 1.050 paket. Masing-masing 700 paket dari Dinas Sosial Sulsel, dan 350 dari Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB).

Agar penyalurannya tepat sasaran, warga yang mendapatkan bantuan disesuaikan dengan data Basis Data Terpadu. Basis ini merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi nama dan alamat calon penerima bantuan sosial. Baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan pada kriteria-kriteria sosial-ekonomi.

Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, bantuan yang diserahkan ini, diharapkan bisa meringankan beban warga yang terkena dampak akibat pandemi Covid-19.

“Kami harapkan bantuan ini diserahkan kepada yang betul-betul layak untuk menerima bantuan. Para camat yang telah menerima bantuan, agar segera disalurkan secara selektif dan obyektif,” kata Suardi Saleh saat penyerahan di rumah jabatan bupati.

Khusus bantuan dari KKDB yang disalurkan Pemkab Barru, terdiri 50 paket per kecamatan. Agar tidak tumpang tindih atau menghindari penerima yang doubel, aparatur desa dan kelurahan juga sudah diminta data-datanya yang benar-benar layak menerima bantuan.

Sekadar diketahui, bantuan paket sembako dan lainnya akan terus berjalan. Termasuk bantuan yang dititipkan beberapa perusahaan ke Pemkab Barru untuk didistribusikan ke warga yang kurang mampu.

Khusus bantuan dari alokasi hasil recofusing anggaran di APBD Barru akan dilakukan setelah ada persetujuan Kemendagri dalam waktu dekat. Meski demikian, anggarannya sudah disiapkan Pemkab Barru.

Tinggalkan Komentar