Melalui Video Conference, Bupati Selayar Buka Musrenbang

Selayar, PANRITA.News – Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 di ruang kerjanya, Kamis (16/4/2020).

Pembukaan musrenbang melalui video conference ini dimoderatori oleh Kepala Bappelitbangda Selayar Drs. H. Basok Lewa serta diikuti oleh Ketua DPRD Selayar Mappatunru, Sekda Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si, jajaran forkopimda, Kepala Bappelitbangda Sulsel Yusran Yusuf, anggota DPRD SulSel Dapil 4 H. Ince Langke bersama H. Ady Ansar, para pimpinan OPD para camat serta undangan lainnya.

“Pelaksanaan Musrenbang yang kita laksanakan saat ini, adalah untuk mengoptimalkan RKPD Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Anggaran 2021, yang merupakan penjabaran tahun kelima atau tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2016-2021,” kata Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali.

Basli mengatakan di samping penjabaran RPJMD, maka yang paling utama adalah memperhatikan dan mengacu kepada tema dan prioritas yang telah ditetapkan melalui Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RKPD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021, serta capaian makro ekonomi Tahun 2019.

“Dalam Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tetap konsisten dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa dengan memperhatikan arah kebijakan RPJMD Tahun 2021, capaian makro Tahun 2019 dan mengacu pada prioritas nasional dan prioritas Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021, maka dirumuskan lima prioritas pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2021, yaitu :

1. Peningkatan kualitas SDM
2. Pengurangan angka kemiskinan dan penguatan ekonomi daerah
3. Pembangunan dan peningkatan layanan infrastruktur yang berkelanjutan
4. Pembangunan dan pengembangan terhadap pelaksanaan program strategis Kabupaten Kepulauan Selayar
5. Pemantapan layanan publik dan tata kelola pemerintahan

Sementara Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Yusran Yusuf mengatakan meskipun pelaksanaan musrenbang dilaksanakan secara online, namun ia berharap tidak mngurangi substansi musrenbang sebagaimana mestinya.

“Untuk mencapai prioritas pembangunan dibutuhkan keterpaduan dan sinergitas pembangunan antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Sy berharap seluruh pemerintah kabupaten/kota se Sulawesi Selatan dapat merumuskan program kegiatan yang fokus untuk mencapai target indikator makro pembangunan pada masing-masing kabupaten/kota,” kata Yusran Yusuf.

Tinggalkan Komentar